Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantau Program BOS Yuk...

Kompas.com - 09/08/2010, 19:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengajak masyarakat untuk berpartisipasi memantau pelaksanaan program bantuan operasional sekolah (BOS). Sebab, dari penelitian yang dilakukan Kemenetrian Pendidikan Nasional dan Bank Dunia ditemukan keterlibatan masyarakat, dalam hal ini orangtua siswa terhadap pemanfaatan dana BOS di sekolah sangat minim.

"Kita ingin mengajak masyarakat untuk sama-sama memantau dan berpartisipasi agar dana BOS yang jumlahnya triliunan tepat sasaran," kata Nuh pada acara Sosialisasi Social Marketing dan Informasi Program BOS di Jakarta, Senin (9/8/2010).

Program BOS dimulai sejak tahun 2005 untuk mewujudkan program Wajib Belajar 9 Tahun. Dengan adanya program BOS, diharapkan biaya sekolah menjadi murah dan gratis bagi masyarakat miskin.

Hadir pada acara Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal, Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdiknas Suyanto, Direktur Pembinaan TK dan SD Ditjen Mandikdasmen Mudjito, Direktur Pembinaan SMP Ditjen Mandikdasmen Didik Suhardi, dan Wakil Bank Dunia Mae Chu Chang.

Mendiknas menyampaikan, penggunaan BOS tidak semata-mata ditentukan oleh kepala sekolah. Pemanfaatan dana BOS mestinya harus dimusyawarahkan dengan komite sekolah sebagai perwakilan dari masyarakat.

Mendiknas mengungkapkan penelitian Bank Dunia terhadap 3.600 orang tua pada 720 sekolah di Indonesia. Hasilnya, sebagian besar responden yang berpendidikan SD-SMA, pengetahuan orang tua tentang BOS masih rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau