Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana Pendidikan Dukung SEAG

Kompas.com - 13/08/2010, 03:38 WIB

jakarta, kompas - Sebagian dana dari pos anggaran pendidikan di Kementerian Pemuda dan Olahraga sebesar Rp 600 miliar akan dipergunakan untuk persiapan pelaksanaan SEA Games XXVI tahun 2011. Dana itu akan dipakai untuk membangun sarana olahraga.

   Selanjutnya, sarana olahraga itu bisa digunakan untuk pendidikan keolahragaan di lingkungan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Demikian diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alifian Mallarangeng saat ditanya pers seusai mengikuti rapat persiapan SEA Games (SEAG) XXVI di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (12/8). Rapat yang dipimpin Wapres Boediono itu dihadiri sejumlah menteri terkait dan gubernur beberapa daerah.

”Untuk persiapan tahun 2010, pembiayaan sudah ada dari Perubahan APBN-2010 senilai Rp 350 miliar dan sebagian lagi Rp 600 miliar berasal dari dana pendidikan. Itu untuk mendukung persiapan SEA Games. Sementara untuk persiapan SEA Games 2011, sudah ada pagu indikatif yang nilainya Rp 500 miliar dan Rp 400 miliar. Namun, dana itu masih kurang,” kata Andi.

Menurut Andi, kekurangan dana itu diharapkan akan bertambah dari pihak swasta, di antaranya berasal dari sponsor saat berpartisipasi dalam pelaksanaan SEA Games tersebut.

”Untuk mengatasi biaya, kami juga coba melakukan penghematan anggaran, yakni dengan mengurangi empat lokasi pertandingan cabang olahraga dari sebelumnya empat lokasi menjadi dua lokasi. Dua lokasi yang ditetapkan adalah di Palembang dan Jakarta,” ujar Andi.

Di tempat sama, Juru Bicara Wapres, yang juga Staf Khusus Bidang Media Massa, Yopie Hidayat, menyatakan, penggunaan dana itu sifatnya sementara mengingat dana tersebut telanjur dianggarkan sebelumnya sehingga mudah digunakan.

”Jadi tidak apa-apa karena dana itu akan dipakai untuk membangun sarana keolahragaan selama SEA Games berlangsung, yang setelah selesai acara bisa dimanfaatkan juga untuk pendidikan olahraga,” ujar Yopie.

Distribusi cabang

Secara terpisah, Djoko Pramono, Deputi I Indonesia SEA Games Organizing Committee (INASOC) atau panitia pelaksana SEA Games XXVI tahun 2011, memastikan, dari 44 cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games, panitia sudah menetapkan lokasi pertandingannya. Sebanyak 23 cabang dipertandingkan di DKI Jakarta dan 21 cabang di Sumatera Selatan.

Djoko berkata, penetapan itu merupakan hasil rapat dengan panitia pelaksana wilayah DKI Jakarta dan Sumatera Selatan, Kamis. Cabang yang dipertandingkan di DKI Jakarta di antaranya bulu tangkis, anggar, sepak bola, judo, balap sepeda, wushu, karate, dan vovinam. Sementara 21 cabang yang dipertandingkan di Sumsel di antaranya, angkat besi, gulat, atletik, ski air, aquatic, panjat tebing, menembak, dan pentaque.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com