Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PMI Jakarta Utara Tetap Buka Pelayanan

Kompas.com - 13/08/2010, 15:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Selama bulan Ramadhan 1431 Hijriah, Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Jakarta Utara tetap melayani masyarakat yang mau mendonorkan darahnya, kata juru bicara organisasi itu.

Namun, kata Dewi, Humas PMI Cabang Jakarta Utara, di kantornya, Jalan Plumpang Raya, Jumat (13/8/2010), kegiatan donor darah tersebut dilakukan hanya dari pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB.

"Itu pun (pelayanan donor) digelar hanya pada Senin dan Sabtu," katanya.

Dewi menjelaskan, selama bulan puasa, kegiatan Unit Transfusi Darah Cabang (UTDC) PMI Jakarta Utara tetap melakukan pelayanan donor reguler pada Senin dan Sabtu untuk memenuhi pasokan darah.

Meskipun pelayanan reguler digelar hanya dua hari, kata dia, tidak menutup kemungkinan jika ada pendonor yang tetap ingin melakukan donor darah di luar Senin dan Sabtu, khususnya bagi mereka yang tidak menjalani ibadah puasa, yaitu non-Muslim, dipersilakan untuk mendatangi PMI DKI.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi menurunnya stok darah selama bulan puasa yang bisa mencapai 80 persen.

"Pelayanan donor darah di PMI DKI digelar selama 24 jam. Dan saya pun kerap mengimbau kepada para pendonor PMI Jakarta Utara, khususnya yang non-Muslim, untuk tetap melakukan donor darah PMI DKI," katanya.

Dewi menambahkan, meski jadwal pelayanan donor darah selama puasa ini dibatasi Senin dan Sabtu saja, tetapi pihak PMI Cabang Jakarta Utara tetap siaga melayani permintaan dari berbagai pihak yang ingin melakukan donor darah.

"Selama bulan puasa ini, kami juga menerapkan sistem piket di tempat UTDC PMI Jakarta Utara untuk melayani permintaan masyarakat," kata Dewi sembari menambahkan, sebanyak lima mobil ambulans akan selalu siaga jika sewaktu-waktu ada permintaan dari masyarakat.

Rinciannya, yaitu dua mobil ambulans emergency, dua mobil ambulans transportasi, dan satu mobil ambulans jenazah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com