Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Konflik, Ijazah 70 Siswa Mandeg

Kompas.com - 23/08/2010, 17:55 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan Kota Semarang mengingatkan, penyelesaian masalah ijazah sekitar 70 lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pelayaran Semarang yang mendekati batas waktu terakhir. Penandatanganan surat pernyataan bermaterai itu dilakukan mantan Kepala SMK Pelayaran Semarang, Agus Joko Purwanto, selaku pihak yang berkewajiban menandatangani ijazah puluhan siswa itu.

"Kami telah memberikan tenggat waktu seminggu sejak penandatanganan pernyataan pada Kamis (19/8/2010)," kata Kepala Bidang Monitoring dan Pengembangan Disdik Kota Semarang, Nana Storada di Semarang, Senin (23/8/2010).

"Kami ingin mengingatkan yang bersangkutan (Agus Joko, red.), sebab permasalahan ijazah itu memengaruhi masa depan siswa. Apalagi, ijazah adalah hak siswa yang telah lulus dan harus diberikan," katanya.

Nana mengatakan, pihaknya tidak ingin penyelesaian permasalahan ijazah itu kembali molor sehingga merugikan para siswa sebab hal tersebut pernah terjadi sebelumnya. Permasalahan ijazah, kata Nana, sebelumnya pernah diupayakan lewat mediasi yang menghasilkan nota kesepahaman yang dibuat bersama. Saat itu, ijazah sepakat akan diberikan pada akhir Juli 2010, namun tidak ditepati.

"Yang bersangkutan mengaku masih menyelesaikan proses penulisan nilai dan nama pada ijazah sehingga ijazah puluhan lulusan itu belum bisa dibagikan hingga batas waktu yang disepakati," katanya.

Nana mengatakan, apabila sampai batas waktu yang ditentukan, yaitu pada Kamis (26/8/2010), ijazah belum diserahkan, pihaknya akan mengambil tindakan tegas sesuai prosedur yang ditetapkan.

Sebelumnya, puluhan lulusan SMK Pelayaran Semarang mengadu kepada Disdik Pemkot Semarang pada Rabu (18/8/2010) karena mereka belum mendapatkan ijazah akibat yayasan yang menaungi sekolah itu sedang dilanda konflik. Belum diterimanya ijazah sekitar 70 orang lulusan itu disebabkan adanya pergantian kepala sekolah, sedangkan dalam blangko ijazah sudah terlanjur tercetak nama kepala SMK Pelayaran Semarang yang lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com