Selasa, 25 November 2014

News / Regional

JK: Jadilah Sukarelawan Donor Darah

Sabtu, 4 September 2010 | 21:34 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla  mengharapkan semua warga masyarakat menjadi sukarelawan donor darah. "Kami mengharapkan semua warga peduli dengan kehidupan manusia, sehingga dengan menjadi sukarelawan donor darah, berarti pula telah membantu pasien yang membutuhkan pertolongan tersebut," katanya di Denpasar, Sabtu (4/9/2010).

Pada acara pelantikan Pengurus Daerah PMI Provinsi Bali itu, Kalla mengatakan, pihaknya tidak pernah melakukan jual beli darah bagi pasien yang memerlukan pertolongan darah.

Menurut Kalla, bagi masyarakat yang tidak mampu, pemerintah akan menanggung biayanya melalui Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). Tetapi kalau warga masyarakat yang mampu tetap harus bayar biaya pengganti tersebut.

"Biaya pengganti itu hanya sekadar saja, kalau dibanding dengan biaya tes darah dan lain-lainnya. Karena sebelum diberikan ke pasien darah tersebut dilakukan tes laboratorium, kemudian ditempatkan pada penyimpanan pada tempat khusus," katanya.

Kalla menghimbau kepada Unit Transfusi Darah (UTD) untuk meningkatkan donor sukarela, sehingga persediaan darah di daerah setempat tetap aman. "Biasanya pihak UTD minta kepada masyarakat yang membutuhkan darah untuk mengganti darahnya dengan transfusi darah juga," ucapnya.

Ketua Pengurus Daerah PMI Bali, I Gusti Bagus Alit Putra mengatakan, persediaan darah di wilayahnya tidak sampai kosong, karena di Bali banyak kelompok-kelompok sukarelawan donor darah. "Hingga saat ini di Bali stok darah mencukupi, hal itu didukung dengan tingginya kesadaran warga untuk ikut serta menjadi pendonor darah," kata Alit Putra yang juga Wakil Ketua DPRD Bali ini.

Alit Putra mengatakan, kelompok sukarelawan donor darah ini telah tersebar di seluruh Bali, mulai dari kota hingga ke pedesaan. "Jika persediaan darah di UTD menipis, kami tinggal memanggil relawan tersebut yang telah terbentuk dalam suatu kelompok itu. Darah ini kan tidak boleh di stok terlalu lama," katanya.

Pengurus Daerah PMI Provinsi Bali masa bakti 2010-2015 diketuai oleh I Gusti Bagus Alit Putra, Sekretaris dr I Gusti Lanang Rudiartha dan Bendahara Tutik Kusuma Wardani serta dilengkapi anggota lainnya.


Editor : I Made Asdhiana
Sumber: