Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibuka, Beasiswa Pascasarjana ke Swiss!

Kompas.com - 16/09/2010, 11:28 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Swiss melalui Federal Commission for Scholarships for Foreign Students (FCS) menawarkan beasiswa untuk tahun akademik 2011/12. Beasiswa ini ditawarkan untuk para mahasiswa pascasarjana (postgraduate) yang ingin melakukan riset atau meraih gelar master di salah satu perguruan tinggi di Swiss.

Program beasiswa ini berlangsung selama 9 (sembilan) bulan atau 1 tahun akademik. Namun, dalam kondisi tertentu beasiswa dapat diperpanjang maksimal hingga tahun ajaran ke-2 sesuai dengan pertimbangan FCS dan perguruan tinggi yang bersangkutan.

Adapun beberapa program studi atau pendidikan yang tidak termasuk dalam tawaran beasiswa antara lain adalah Ilmu Kesenian, Pendidikan S-1, Pendidikan Sekolah Perhotelan, Pertukaran pelajar/mahasiswa, Part-time studies, On-the-job studies, atau Studi jarak jauh (correspondence course).

Bagi yang tertarik dengan program ini perlu mengetahui, bahwa jumlah beasiswa senilai CHF 1.920 per bulan (untuk biaya hidup). Harap diingat, bahwa tidak semua program pascasarjana dan perguruan tinggi di Swiss membebaskan penerima beasiswa dari biaya perkuliahan karena beasiswa ini hanya mencakup biaya hidup di Swiss.

Untuk itulah, setiap pelamar sangat perlu mengklarifikasi kepastian pembebasan uang kuliah untuk program studi yang dipilih dengan perguruan tinggi yang bersangkutan. Sementara biaya perjalanan dan asuransi penerima beasiswa dari Indonesia harus menanggung sendiri biaya perjalanan ke Swiss tersebut.

Pendaftaran beasiswa ini sudah dibuka dan pelamar harus sudah mengembalikan formulir pendaftaran yang dilampiri lengkap dengan dokumen-dokumen pendukung paling lambat pada 31 Oktober 2010 mendatang ke Kedutaan Besar Swiss (Bagian Kebudayaan) di Jl. H.R. Rasuna Said Kav. X3/2, Jakarta 12950.

Mengenai semua syarat, formulir atau skema beasiswa bisa dilihat langsung di situs http://www.eda.admin.ch atau di http://www.eda.admin.ch/eda/en/home. Kontak telepon bisa juga melalui Kedutaan Besar Swiss dengan Melinda Djohansjah di nomor +6221 525 6061/Ext.319.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com