Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presentasi Alumni yang Menginspirasi

Kompas.com - 25/09/2010, 23:22 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar seratus siswa dan sejumlah orangtua, tumpah di ruang D SMA Kolese Kanisius, di Jalan Menteng Raya 64, Jakarta, Sabtu (25/9) pagi.

Tiga pendingin ruang tak bisa menyejukkan ruangan yang seharusnya berkapasitas sekitar 50 orang itu. Ruang yang panas masih bisa dikalahkan kemauan yang keras, ternyata.

Karena tempat duduk terbatas, sebagian berdiri dan duduk di lantai, sembari mendengarkan dengan khidmat presentasi dari Jopie Iskandar Adhidjaja PhD, pakar pertambangan yang berprofesi sebagai konsultan.

Diakhiri dengan dialog seru, sejumlah siswa masih mengejar Jopie untuk bertanya lebih lanjut di ruar ruangan.

Begitulah, suasana yang terekam saat digelar pameran pendidikan, Canisius Education Fair 2010, dengan tema Strive for your dreams (berjuanglah untuk meraih mimpi-mimpimu), yang dibuka mulai Sabtu.

Hal yang sama juga terjadi ketika Prof Dr Ir Bambang Sugiharto M Eng, Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia, memaparkan masalah teknik mesin, pada sesi berikutnya.

Guru besar UI yang juga alumnus SMA Kolese Kanisius itu, tampil begitu semangat mendorong dan menginspirasi siswa untuk menekuni teknik mesih yang prospeknya bagus di masa depan.

"Banyak peluang kerja di perusahaan tambang nasional dan perusahaan tambang asing, sebagai tenaga ahli di bidang pertambangan," ujar Jopie. Apalagi, potensi pertambangan di Indonesia masih banyak, terutama di wilayah Indonesia bagian timur.

Untuk bisa menemukan dan mengsplorasi di lokasi pertambangan yang baru, diperlukan tenaga ahli pertambangan. Peluang ini masih terbuka lebar.

Menjawab Kompas seusai presentasi, Jopie mengatakan, bila dulu tenaga ahli pertambangan di Indonesia banyak orang asing, kini jumlahnya hampir seimbang dengan tenaga ahli dari Indonesia.

Bahkan, banyak tenaga ahli pertambangan Indonesia yang bekerja di perusahaan tambang asing di Malaysia, Timur Tengah, dan di sejumlah negara lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com