Minggu, 31 Agustus 2014

News / Edukasi

ANGKA KREDIT GURU

Karya Ilmiah Dulu, Naik Golongan Nanti!

Senin, 27 September 2010 | 17:09 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.com — Biro Kepegawaian Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) telah melakukan penilaian angka kredit guru golongan 4A ke 4B ke atas. Jumlah berkas guru yang mengajukan pengusulan angka kredit tersebut mencapai lebih dari 400 dari seluruh provinsi di Indonesia.

"Tahun 2010, Riau mendapat kesempatan menjadi tempat penilaian angka kredit guru dari 4A ke 4B ke atas. Jumlah berkas yang dinilai sekitar 400 lebih," ungkap Kepala Bagian Mutasi Guru Biro Kepegawaian Kementerian Pendidikan Nasional Hariyono di Pekanbaru, Senin (27/9/2010).

Hariyono mengatakan, seorang guru yang ingin naik golongan dari 4A ke 4B ke atas harus ada pengembangan profesi. Salah satu pengembangan itu adalah dengan membuat karya ilmiah.

"Tidak hanya karya ilmiah, tapi juga buku, diktat, modul, makalah yang diseminarkan dan lain sebagainya," kata Hariyono.

Sementara itu, Biro Kepegawaian Kementerian Pendidikan Nasional menyatakan, hanya dua dari 22 orang guru asal Riau yang dinyatakan lulus seleksi penilaian angka kredit untuk kenaikan pangkat dari golongan 4A ke golongan 4B. Kepala Sub Bagian Umum Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Riau Syukhmide Hendri mengatakan, dua orang guru yang dinyatakan lulus itu berasal dari Kabupaten Bengkalis, yakni Harun HY, guru SMPN 1 Bantan Kabupaten Bengkalis, dan Musa, guru SMAN 1 Bengkalis.

Dijelaskannya, bagi guru yang lulus selanjutnya akan dikeluarkan penetapan angka kredit oleh Biro Kepegawaian Kemendiknas. Mereka akan segera memiliki Penetapan Angka Kredit (PAK) dan diusulkan untuk kenaikan pangkat dari 4A ke 4B.


Editor : Latief
Sumber: