Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langkah Awal Dua Universitas

Kompas.com - 28/09/2010, 09:33 WIB

KOMPAS.com — Lotte Foundation yang menjadi bagian dari grup ritel Lotte Mart asal Korea Selatan (Korsel) memberikan beasiswa pendidikan bagi mahasiswa asal dua universitas, yakni Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Universitas Indonesia (UI) Depok. Secara khusus, beasiswa diberikan kepada mahasiswa ataupun mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya-Bahasa Korea  UGM dan dari Fakultas Ilmu Budaya-Bahasa Korea dan Fakultas Ekonomi UI. "Beasiswa diberikan tiap semester," kata Industrial Relations Manager Lotte Mart Indonesia Basuki Ismael. 

Sesuai rencana, penyerahan beasiswa tersebut dilaksanakan Selasa (28/9/2010) di UGM dan Rabu di UI. Penyerahan secara simbolik disaksikan Presiden Direktur Lotte Mart Indonesia Moon Young Pyo, Konsul Kedutaan Besar Korsel Kim Do Hyung, Perwakilan Lotte Foundation Lee Keum Jae dan Jung Dong Hyun, serta perwakilan dari pihak universitas berikut para penerima beasiswa.

Menurut penjelasan Basuki, UGM dan UI menjadi langkah awal fokus program beasiswa yang dimaksud. Ke depan Lotte Foundation akan memperluas program ke beberapa universitas di Nusantara pada kota-kota tempat gerai Lotte Mart berada. "Ini merupakan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) kami," terang Basuki. 

Di samping itu, masih menurut penuturan Basuki, besaran beasiswa yang diberikan berbeda untuk masing-masing universitas sesuai standar setempat. Sebagai gambaran, setiap penerima beasiswa di UGM memperoleh bantuan 370 dollar AS per semester. Sementara, di UI, satu penerima beasiswa memperoleh 600 dollar AS per semester.

Grup Lotte mengambil alih 100 persen saham Makro Cash and Carry pada November 2008 dan mengubah nama 19 toko Makro menjadi Lotte Mart Wholesale pada Mei 2010. Kemudian, Lotte Mart memperluas jaringan bisnisnya di Indonesia dengan membuka cabang pertama untuk ritel sekaligus dan ke-20 dari total toko yang dimiliki. Cabang pertama yang terletak di Lower Ground Shopping Mall Gandaria City ini pun merupakan cabang ke-100 di seluruh dunia. Selanjutnya, toko ritel cabang kedua bakal dibuka di Ratu Plaza, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, pada awal Oktober tahun ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com