Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Rayakan Hari Batik di UI!

Kompas.com - 04/10/2010, 16:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2010, Departemen Arkeologi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) menyelenggarakan kegiatan Seminar Internasional Batik Indonesia dan Pameran Batik Indonesia sebagai Ikon Budaya Bangsa. Kegiatan tersebut akan dipusatkan di Kampus FIB UI Depok dan Kementrian Perindustrian mulai 4-8 Oktober 2010.

Kepala Humas UI Barbara E.L. Pesulima, mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat mendorong berkembangnya batik Indonesia sebagai salah satu unsur ekonomi kreatif. "Apalagi, batik merupakan unsur budaya asli bangsa Indonesia yang bahkan saat ini sudah diakui Unesco sebagai Representative List Intangible Cultural Heritage UNESCO sejak 2 Oktober 2009 yang lalu," ujar Barbara kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (4/10/2010).

Dibuka dan diresmikan oleh Menteri Perindustrian M.S Hidayat, beberap tema seminar batik ini antara lain “Dinamika Pengembangan Batik Indonesia” dengan pembicara Dr Agus Aris Munandar (FIB UI), Judi Tjahyadi, Asmoro Damais dari Pusat Dokumentasi Wastra dan Busana Indonesia, Firman Ichsan (pakar batik), Dr Sapta Nirwandar (Dirjen Pemasaran Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata), serta Sulaeman (Balai Besar Kerajinan dan Batik,Yogyakarta).

Di hari kedua, seminar akan menghadirkan sub tema “Batik Indonesia sebagai Salah Satu Unsur Ekonomi Kreatif dan Perspektif Masa Depan” dengan pembicara H. Komarudin Kudiya, dari Yayasan Batik Indonesia, Dr Nining Indroyono Soesilo dari FE-UI, Prof Arief Rachman sebagai Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk Unesco-Kemdiknas, serta Fauzi Azis (Dirjen IKM) dan Andang Fatalinadya (Ditjen IKM Kementerian Perindustrian).

Selain seminar, panitia juga akan meramaikan kegiatan ini dengan Kompetisi Membatik Desain Batik UI dan Pameran Eco Batik, Pameran Batik Ikon Budaya, serta bazaar, fashion show dan lain-lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com