Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebiasaan Orangtua Mendongeng Rendah

Kompas.com - 21/10/2010, 16:47 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS - Kebiasaan mendongeng dan membacakan buku pada anak di Indonesia masih lemah. Padahal, kebiasaan ini efektif untuk meningkatkan kemampuan kognisi dan bahasa pada anak.

Penelitian yang dilakukan dosen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Amelia Maika, di sejumlah daerah pedesaan di sembilan kabupaten di Indonesia menyebutkan, banyak orangtua tidak pernah mendongeng atau membacakan cerita untuk anaknya.

Penelitian pada orangtua dengan anak berusia kurang dari empat tahun menyebutkan, sekitar 60 persen orangtua tidak pernah membacakan buku dan sekitar 50 persen tidak pernah mendongeng.

"Untuk orangtua dengan anak berusia kurang dari satu tahun, angkanya juga tinggi. Sekitar 70 persen tidak pernah mendongeng dan sekitar 80 persen tak pernah membacakan buku," katanya usai seminar "Kemiskinan Pedesaan dan Perkembangan Anak Usia Dini di Indonesia di Pusat Studi Pedesaan dan Kawasan UGM", pekan lalu.

Hal ini, kata Amelia, sangat disayangkan karena Indonesia sebenarnya mempunyai banyak dongeng dan cerita daerah. Kebiasaan ini juga merupakan cara murah untuk meningkatkan kemampuan kognisi dan bahasa pada anak.

"Melalui dongeng dan kebiasaan membacakan buku, anak-anak secara otomatis belajar kosakata, pemahaman, dan berpikir kritis. Kegiatan ini juga membangun kedekatan emosi antara anak dan orangtua," ucapnya.

Amelia menuturkan, status sosial dan ekonomi serta tingkat pendidikan orangtua berkorelasi pada kemampuan kognisi dan bahasa anak. Semakin miskin orangtua, semakin sulit menyediakan akses bahan bacaan pada anak-anaknya. (IRE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com