Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senat ITS "Kepincut" Priyo Suprobo

Kompas.com - 22/10/2010, 20:20 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Senat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya memilih rektor incumbent Prof Priyo Suprobo sebagai calon rektor ITS 2011-2015 dalam rapat tertutup yang dihadiri 104 anggota senat di kampus setempat, Jumat (22/10/2010).

"Hasilnya, Priyo Suprobo mendapatkan 60 suara, sedangkan dua calon lainnya, yakni Prof Triyogi Yuwono meraih 39 suara dan Prof Daniel M Rosyid tiga suara. Nanti, hasilnya akan kami sampaikan ke Mendiknas," kata Sekretaris Senat ITS Prof I Gusti Putu Raka.

Hasil dari proses penetapan Senat ITS itu berbeda dengan proses penjaringan yang melibatkan dosen, karyawan, dan mahasiswa. Melalui hasil pemilihan ini Triyogi justeru unggul dengan 4.723 suara, sedangkan Priyo menghimpun 3.238 suara.

Prof I Gusti Putu Raka mengatakan, anggota senat ITS berjumlah 106 orang. Dua anggota senat berhalangan hadir karena sedang melaksanakan tugas ke luar negeri.

"Jadi, anggota senat ITS yang hadir dalam rapat senat ITS itu berjumlah 104 orang," katanya.

Menanggapi hasil rapat senat tersebut, Priyo menilai penjaringan sivitas akademika merupakan tahapan akseptabilitas, sedangkan penjaringan oleh senat merupakan tahapan kapabilitas. "Karena menjadi tahapan kapabilitas, maka anggota senat melihat kemampuan yang ditunjukkan melalui program kerja yang dirancang secara teknis untuk empat tahun ke depan (2011-2015)," katanya.

Namun, kata Priyo, ia mengaku tidak mau berandai-andai karena tahapan yang ada masih merupakan keputusan Senat ITS. Sementara itu, Prof Triyogi menilai, proses penjaringan calon rektor ITS berjalan lancar dan rukun.

"Saya puas dengan proses yang berlangsung. Saya akan berdoa saja soal keputusan Mendiknas. Yang jelas, ketiga calon mempunyai kans yang sama," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com