Rektor Binus: Akreditasi Harus Jelas! - Kompas.com

Rektor Binus: Akreditasi Harus Jelas!

Kompas.com - 03/11/2010, 14:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) perlu mensosialisasikan informasi yang lengkap terkait nilai akreditasi program studi yang akan diberikan kepada perguruan tinggi. Pemerintah pun tak bisa begitu saja menetapkan target kepada BAN-PT agar semua perguruan tinggi selesai diakreditasi pada 2012.

"Seharusnya ada informasi yang jelas dan lengkap mengenai nilai akreditasi A, B, atau C dari suatu perguruan tinggi," tandas Rektor Universitas Bina Nusantara (Binus University) Harjanto Prabowo, Rabu (2/11/2010), di Jakarta.

Menurutnya, di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pihak user harus mengetahui nilai-nilai akreditasi. Mengetahui kejelasan nilai akreditasi adalah hak pengguna atau perguruan tinggi.

"Jika semua mau berkomitmen meningkatkan mutu pendidikan, saya rasa tidak akan menjadi masalah. Tenaga ditambahkan, biaya dicukupkan, kemudian secara sadar pemerintah merasa ini harus diperbaiki, ya, dilakukanlah," tegas Harjanto.

Harjanto menilai, pemerintah tidak bisa begitu saja menargetkan tahun 2012 semua perguruan tinggi sudah terakreditasi. Target tersebut seharusnya dibarengi upaya yang lebih keras dari pemerintah untuk memperbaiki sistem akreditasi yang selama ini dijalankan BAN-PT.

Disinggung mengenai pembayaran yang dilakukan sebagai uang pendaftaran akreditasi, Harjanto menilai tidak perlu dilakukan. Meski sekedar uang pendaftaran, kata dia, hal itu tidak perlu karena bisa menimbulkan dampak conflict of interest.

"Diharuskan membayar tidak masalah, asalkan terbuka dan jangan menimbulkan rasa tidak aman dan tentunya, pembayaran untuk akreditasi ini tidak sampai mengurangi kualitas pendidikan," imbuh Harjanto.

EditorLatief


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM