Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menghafal Sejarah, Siswa Dapat Apa?

Kompas.com - 12/11/2010, 16:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Guru-guru sejarah menyatakan keprihatinannya terhadap kurikulum pendidikan sejarah Indonesia yang dinilai terlalu padat. Materi-materi yang disampaikan hendaknya materi yang esensial.

Demikian terungkap dalam "Diskusi Publik Nasional: Mengkaji Ulang Peranan Pendidikan Sejarah", Jumat (12/11/2010) di Gedung Kementerian Pendidikan Nasional, Jakarta. Diskusi tersebut diselenggarakan oleh Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) dan Institut Sejarah Sosial Indonesia (ISSI).

"Esensial dimaksudkan adalah materi yang dimengerti oleh siswa untuk membangun nilai-nilai bangsa," ujar Ratna Hapsari, Ketua Asosiasi Guru Sejarah Indonesia.

Sebagai contoh, kata Ratna, pada materi sejarah zaman Majapahit toleransi antaragama semestinya bisa dipelajari dan diambil nilai-nilai positif untuk dibangun pada anak didik. Namun, sekarang ini pelajaran sejarah terbelenggu oleh kurikulum yang linear, yaitu bersifat menghafal.

"Setiap sejarah di Indonesia seharusnya dimaknai, dibenahi, dan dikembangkan lewat suatu metode diskusi, misalnya, siswa harus bisa mempresentasikan apa yang didapatnya dari materi tersebut," lanjut Ratna.

Lebih lanjut, Ratna mengatakan, metode pembelajaran bisa dikembangkan melalui pelatihan secara intensif, berkesinambungan, dan yang terpenting harus memiliki kontrol. Ia mengatakan, pelatihan selama berbulan-bulan yang tanpa feed back bagi anak didik pada akhirnya hanya akan mengembalikan metode pembelajaran secara hafalan.

Grace Leksana, Staf Program Pendidikan ISSI, mengatakan telah terjadi kekacauan pada masyarakat dalam memandang sejarahnya sendiri. Pelajaran sejarah saat ini hanya mempelajari sejarah orang-orang besar atau orang-orang dari kancah politik sehingga kita hanya akan menghafal nama, tanggal, dan pahlawan.

"Untuk itu, sejarah sosial sangat penting untuk dipelajari. Kita bisa merubah perspektif dengan masuk lewat jalur pendidikan. Coba lihat, sejak SD sampai SMA materi sejarah yang disampaikan itu sama sehingga siswa mengalami kebosanan," papar Grace.

Untuk itu, kata dia, apa pun caranya, minat anak didik terhadap sejarah harus dibangkitkan kendati pembelajaran sejarah yang ideal saat ini masih jauh dari harapan, baik berupa sarana pembelajaran maupun pengembangan sumber daya manusia (guru) sejarahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com