Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di USU, Noneksakta Masih "Anak Tiri

Kompas.com - 12/11/2010, 17:11 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Penelitian yang dilakukan kalangan akademisi di Universitas Sumatera Utara (USU) saat ini masih lebih didominasi bidang-bidang eksakta ketimbang noneksakta. Tahun ini ada 79 judul proposal penelitian dosen USU yang diterima Direktorat Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional (Dikti Kemdiknas) dengan dana yang diterima sebesar Rp 3,3 miliar.

Kepala Lembaga Penelitian Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Harmein Nasution di Medan, Jumat (12/11/2010), mengatakan dari 79 judul tersebut sebanyak 67 judul atau sekitar 85 persennya merupakan bidang eksakta. Sisanya, kata dia, sebanyak 12 judul atau 15 persennya dari bidang noneksakta atau sosial.

"Sebenarnya ada 231 judul proposal yang kita ajukan ke Dikti, namun hanya 79 itu saja yang disetujui. Hal ini tidak terlepas dari menurunnya anggaran Dikti untuk proyek penelitian," katanya.

Ia mengatakan, banyaknya penelitian yang dihasilkan kalangan civitas akademika USU di bidang eksakta juga terlihat dari hasil penelitian pada tahun 2009. Tahun lalu ada 119 judul penelitian dosen USU yang diterima Dikti dengan anggaran mencapai Rp9,1 miliar.

"Dari sekian banyak judul yang disetujui itu, 85 persennya juga merupakan penelitian bidang eksakta," kata Ketua Bidang Industri Energi dan Teknologi Terapan Dewan Riset Daerah Sumatera Utara itu.

Menurut dia, sampai saat ini masih sedikitnya penelitian yang dihasilkan dari bidang noneksakta tak terlepas dari sediktnya dana penelitian yang dikucurkan Dikti dibandingkan untuk bidang eksakta. Dari beberapa penelitian yang diajukan, sebagian besar yang disetujui berasal dari bidang eksakta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com