Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Binus Raih Juara I Paduan Suara di Praha

Kompas.com - 16/11/2010, 16:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Paduan Suara Bina Nusantara (Paramabira) meraih Juara I kategori Mixed Choir, Best Interpretation for Compulsory Song, dan Best Selection of Programme pada kompetisi paduan suara internasional "24th Praga Cantat 2010" yang digelar di Praha, Republik Ceko. Paramabira mendapat nilai tertinggi dari semua kategori yang dilombakan, yaitu Absolute Winner.

Kompetisi yang digelar selama tiga hari pada 29-31 Oktober 2010 itu diikuti oleh 19 kelompok paduan suara dari 11 negara, yaitu Jerman, Bulgaria, Irlandia, Cyprus, Republik Ceko, Hungaria, Kroasia, Indonesia, Swiss, Slovenia, serta Norwegia. Praga Cantat telah diselenggarakan untuk ke-24 kalinya tahun ini, dan untuk pertama kalinya Indonesia ikut serta dalam kompetisi ini.

"Kami berupaya untuk terus mendorong dan memfasilitasi kegiatan kemahasiswaan, baik yang tergabung dalam kelompok olah raga, seni, akademi, maupun kerohanian. Saat ini ada lebih dari 45 organisasi kemahasiswaan yang sangat aktif dan juga mendapatkan prestasi yang baik di tingkat nasional maupun internasional. Paramabira adalah salah satu contohnya," ujar Rektor Universitas Bina Nusantara (Binus) Prof Harjanto Prabowo dalam siaran persnya di Jakarta, Senin (16/11/2010).

Berkompetisi di dua kategori yang diperlombakan, yaitu Big Mixed Choir dan Sacred Music, Paramabira harus melalui beberapa tahapan untuk akhirnya bisa dianggap layak ikut serta dalam kompetisi tersebut. Dimulai dari pendaftaran pada Mei 2010, audisi tahap I pada Juni 2010, serta audisi tahap pada Juli 2010, 38 mahasiswa pun akhirnya terpilih untuk bergabung dalam tim Paramabira menuju Praha.

Pada kompetisi kali ini, Paramabira membawakan sembilan lagu yang dibagi untuk dua kategori. Untuk Mixed Choir Programme mereka membawakan lima lagu, yaitu: Cantate Domino-Claudio Monteverdi, Les Fleurs et Les Arbres- Camille Saint Saëns, Napadly Pisne- Antonín Dvorák, Alleluia-Ralph Manuel, dan Kalinda-Sydney G. Sedangkan untuk kategori Sacred Music mereka membawakan empat buah lagu, yaitu: O Magnum Mysterium-Thomas Luis da Victoria, Eli! Eli! - György Deák-Bárdos, Sanctus-Ivan Yohan, I Can Tell The World- Trad. Spiritual arr. Moses Hogan.

Sebelumnya, Paramabira sendiri pernah menyabet gelar juara di ajang 26th Festival Internacional De Musica de Cantonigros 2008 yang digelar di Barcelona, Spanyol. Dengan prestasi ini, Paramabira berharap dapat terus meningkatkan kemampuan sehingga dapat terus mengukir prestasi pada kompetisi-kompetisi bergengsi lainnya.

"Kami ingin menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang berbudaya melalui musik yang kami bawakan. Selain itu kami berharap bahwa kabar baik ini bisa menghibur di tengah keadaan bangsa yang sedang dilanda bencana," ujar Rainier Revireino, Music Director Paramabira.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com