Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siiipp... ITS Rebut Dua Emas di Busan!

Kompas.com - 16/11/2010, 20:51 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Tim Paduan Suara (PS) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meraih dua medali emas di Busan Choral Festival and Competition 2010 di Busan, Korea selatan, 10-14 November. Kedua medali itu diperoleh untuk kategori Mix Choir dan Ethnic Choir dalam kompetisi paduan suara tingkat internasional yang diikuti 16 negara dari lima benua dengan 42 tim paduan suara yang antara lain Indonesia, Malaysia, Filipina, Ghana, Ceko, serta Amerika Serikat.

"Awalnya kami tidak menyangka bisa ikut dalam ajang bergengsi itu, karena tim PS ITS tidak pernah berkompetisi di ajang tingkat dunia," kata anggota tim PS ITS, Angger Pungkas Caesario, di Surabaya, Selasa (16/11/2010).

Satu tim paduan suara ITS ini terdiri dari 40 anggota yang terdiri dari laki-laki dan perempuan. Angger mengaku timnya terdaftar menjadi anggota di kompetisi internasional itu saja sudah cukup membanggakan, apalagi sampai menang, tentu tidak disangka sebelumnya.

"Tim kami mulanya terbentuk hanya untuk persiapan konser tunggal bertajuk ’Touching’ yang digelar di gedung Cak Durasim, Taman Budaya. Konser tunggal itu pun sukses," katanya.

Namun, sebelum konser dihelat, sekitar Maret 2010, tim tersebut "iseng" mendaftar untuk mengikuti Busan Choral Festival dengan mengirimkan compact disc (CD) berisi rekaman untuk dua kategori lomba itu. Pada Agustus, tim yang dibimbing pelatih vokal Fritz Bosar Simangunsong itu mendapat surat dari panitia Busan Choral Festival yang menyebut mereka lolos seleksi dan layak berkompetisi.

"Kabar itu kami sambut dengan suka cita karena merupakan pengalaman pertama bagi kami dan ITS untuk bisa mengikuti ajang internasional tersebut," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com