Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru Honorer Hanya Bisa Berharap

Kompas.com - 25/11/2010, 12:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Peningkatan kesejahteraan guru, terutama guru honorer, masih menjadi harapan sebagian besar guru di Indonesia. Harapan itu dikemukakan oleh guru-guru yang hadir pada peringatan Hari Guru Nasional hari ini, Kamis (25/11/2010), di Gedung Kementerian Pendidikan Nasional, Jakarta.

"Harapan saya HGN kali ini adalah momentum meningkatkan kesejahteraan guru," ujar Titis Haryani, guru SDN CPB 03 Pagi, Cempaka Putih Barat, kepada Kompas.com seusai menghadiri upacara HGN.

Hal senada diungkapkan Tri, guru SDN Susukan 13 Petang, Rambutan. Ia berharap kesejahteraan guru diperhatikan, khususnya guru-guru honorer.

"Saya sudah enam tahun menjadi guru honorer dan belum diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS)," ujar Tri yang mengajar pelajaran Agama.

Harapan yang diungkapkan Rusmini, guru SDN Pejaten Barat 05 Pagi, kurang lebih sama. Bertepatan dengan memperingati hari guru, harap Rusmini, pemerintah memerhatikan nasib para guru honorer seperti dirinya.

"Proses pengangkatan terlalu lama. Saya juga sudah enam tahun menjadi guru honorer dan belum menjadi PNS," tutur Rusmini.

Sementara itu, Diani, guru Bimbingan Konseling (BK) SMKN 6, Jakarta, juga berharap HGN menjadi momentum yang tepat bagi pemerintah untuk lebih memerhatikan nasib guru. Hal itu semata-mata karena kewajiban guru semakin teruji untuk membuat anak didik selalu bagus dalam prestasi belajarnya.

"Kesejahteraan guru honorer tolong diperhatikan," lanjut Diani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com