Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siang Ini Nasib UN Diputuskan di DPR

Kompas.com - 13/12/2010, 11:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kelanjutan pelaksanaan Ujian Nasional 2011 akan ditentukan Senin (13/12/2010) siang ini dalam rapat kerja dengan Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh. Rapat lanjutan ini dipastikan bisa memberikan keputusan masa sidang DPR berakhir pada 18 Desember mendatang.

"Ya, pukul dua siang ini dilanjutkan di DPR," ujar Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Pendidikan Nasional (PIH Kemdiknas) M Muhadjir kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (13/12/2010).

Sebelumnya, pada pekan lalu, Wakil Ketua Komisi X Rully Chairul Azwar juga telah memastikan bahwa nasib kelanjutan UN pada 2011 bakal segera diputuskan sebelum masa sidang DPR berakhir 18 Desember atau pekan ini. Komisi X, menurut Rully, berada pada posisi mendukung kelanjutan UN, tetapi tidak sebagai penentu kelulusan.

"Posisi Komisi adalah setuju UN jalan terus, asal UN jangan menjadi faktor yang memveto kelulusan. Ada empat faktor kelulusan, salah satunya UN. Formula yang berlaku sekarang, kalau satu dari empat angka ini mati, tidak lulus," kata Rully di Gedung DPR, Jakarta, Senin (6/12/2010) lalu.

Sementara itu, menurut Koordinator Forum Guru Independen Indonesia Suparman, keputusan UN sebaiknya tidak lagi menjadikan anak sebagai kelinci percobaan. Pemerintah, kata Suparman, sebaiknya tidak berkutat pada urusan mengutak-utik formula kelulusan anak, tetapi harus melakukan perbaikan sistem evaluasi secara komprehensif. 

"Yaitu dengan melakukan revisi terhadap PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan," ujar Suparman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com