Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru Belum Terima Tunjangan Khusus

Kompas.com - 30/12/2010, 09:58 WIB

PONTIANAK, KOMPAS.com - Ratusan guru di wilayah perbatasan Kalimantan Barat belum menerima tunjangan khusus perbatasan tahun 2010. Padahal, tunjangan tersebut sangat diperlukan untuk mendukung aktivitas para guru.

Zakaria, guru SD 05 Saparan, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, mengatakan, para guru mendapat surat keputusan pada November 2010 dari Direktur Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Nasional.

Dalam surat keputusan itu disebutkan, tunjangan diberikan mulai Januari 2010. Besarnya tunjangan Rp 1.350.000 per bulan. ”Setelah dipotong pajak, guru akan menerima tunjangan Rp 13,77 juta untuk 2010 ini,” ujar Zakaria, pekan lalu. Namun, tunjangan itu belum mereka terima. Di Jagoi Babang, ada 307 guru di wilayah perbatasan yang mendapatkan tunjangan khusus.

Mereka umumnya mengajar di sekolah-sekolah dengan akses jalan yang sulit sehingga harus menggunakan moda transportasi air dengan ongkos yang sangat mahal. Berdasarkan pantauan Kompas, beberapa waktu lalu, jalan utama dari Kabupaten Bengkayang ke Kecamatan Jagoi Babang yang berbatasan dengan Serikin, Negara Bagian Sarawak, Malaysia, pun kondisinya sangat buruk.

Selain sejumlah ruas yang terkelupas aspalnya, di beberapa titik juga sulit dilalui mobil tanpa penggerak empat roda, terutama setelah turun hujan. Kepala Seksi Pendidikan Tinggi dan Tenaga Pendidik Dinas Pendidikan Kalimantan Barat Maliki mengakui, ada sebagian guru yang belum bisa mencairkan tunjangan khusus. (AHA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com