Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Belum Terima Aturan Baru UN

Kompas.com - 05/01/2011, 04:24 WIB

Jakarta, Kompas - Sekolah-sekolah belum juga menerima kepastian dan perubahan dalam pelaksanaan ujian nasional tahun ajaran 2010/2011. Padahal, sosialisasi tersebut dibutuhkan untuk semakin memantapkan sekolah dalam menyiapkan guru dan siswa menghadapi ujian nasional.

Warnoto, Kepala SMAN 18 Jakarta, Selasa (4/1), mengatakan, para guru selama ini hanya mengikuti perkembangan perubahan pelaksanaan ujian nasional (UN) lewat media massa, tetapi tetap informasi resmi yang disampaikan kepada siswa masih menunggu adanya pengumuman resmi dari dinas pendidikan setempat.

Iwan Hermawan, Wakil Kepala SMAN 9 Bandung, mengatakan, siswa tetap dipersiapkan menghadapi pelaksanaan UN seperti tahun lalu. Sekolah masih menunggu adanya prosedur operasi standar (POS) UN 2010/2011.

Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Djemari Mardapi mengatakan, sosialisasi pelaksanaan dan perubahan formula kelulusan siswa SMP dan SMA sederajat akan dimulai pekan depan.

Djemari menegaskan, pada pelaksanaan UN tahun ini, tidak ada UN ulangan sebab penilaian kelulusan sudah mengakomodasi dari nilai UN dan nilai sekolah.

Jadwal UN

Ujian Nasional 2010/2011 jenjang SMA/SMK/MA akan diselenggarakan pada 18-21 April 2011, sedangkan jenjang SMP sederajat pada 25-28 April 2011.

Jadwal UN ini tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2010 tentang Kriteria Kelulusan dan Permendiknas Nomor 46 tentang Pelaksanaan UN SMP dan SMA Tahun Pelajaran 2010/2011 yang ditandatangani Mendiknas Mohammad Nuh, Senin (3/1) di Jakarta.

Dalam UN tersebut sudah digunakan formula baru untuk menentukan kelulusan, yaitu gabungan antara nilai UN dan nilai sekolah yang meliputi ujian sekolah dan nilai rapor.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional Mansyur Ramly mengatakan, UN Susulan SMA/MA/SMK pada 25-28 April 2011 dan pengumuman kelulusan paling lambat 16 Mei 2011. Sementara UN Susulan SMP/MTs pada 3-6 Mei 2011 dan pengumuman UN SMP/MTs pada 4 Juni 2011. (ELN/LUK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com