Selasa, 2 September 2014

News / Edukasi

Pendidikan Agama

KH Hasyim Buka STKQ Al-Hikam di Depok

Senin, 10 Januari 2011 | 01:22 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi membuka Sekolah Tinggi Kulliyatul Quran (STKQ) Al-Hikam Depok, Jawa Barat.

Sekolah tinggi ini menjadi alternatif pusat kajian bagi para penghafal Al-Quran di Indonesia. Adapun perguruan Al-Hikam merupakan yang kedua berdiri setelah di Jl Cengger Ayam, Kota Malang, Jawa Timur.

Pembukaan STKQ digelar pada Minggu (9/1/2011) di Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Depok. Acara ini dihadiri sejumlah tokoh nasional, di antaranya Menteri Agama Suryadharma Ali, Prof Dr Quraish Shihab, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, dan sejumlah tokoh lintas agama.  

Hasyim Muzadi mengatakan, gelombang pertama peserta pendidikan terdiri dari 40 mahasiswa penghafal Al-Quran. Pola belajar di STKQ ini terdiri dari murajaah (mengulang hafalan), dirasah (belajar memahami ), dan tanmiyah (kursus-kursus dengan beragam materi wawasan kebangsaan, teknologi informasi, dan kewirausahaan).

Al-Hikam berencana membuka pesantren mahasiswa yang dimulai tahun ini seiring dengan penerimaan mahasiswa baru. Tidak hanya itu, Al-Hikam juga membuka kursus reguler dengan materi kebangsaan.

Kursus ini dapat diikuti oleh masyarakat luas yang berminat. Pengelola juga menggelar program pengabdian masyarakat dengan membuka pelayanan kesehatan.


Editor : yuli