Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unnes Janji Tak Ada Biaya Pembangunan

Kompas.com - 12/01/2011, 10:37 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Universitas Negeri Semarang (Unees) menyediakan kuota mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 mencapai 80 persen. Penambahan kuota itu  dilakukan untuk memberi kesempatan banyak kepada calon mahasiswa yang berminat untuk menempuh kuliah di Unnes.

"Setiap warga negara kan harus diberi kesempatan untuk mengakses pendidikan, kami fasilitasi dengan penambahan kuota melalui SNMPTN itu dari penetapan minimal 60 persen," kata Rektor Unnes Prof Sudijono Sastroatmodjo di Semarang, Rabu (12/1/2011).

Terkait ujian masuk mandiri, kata dia, pihaknya akan mengoptimalkan kuota yang tersisa sebesar 20 persen untuk menarik mahasiswa, namun tetap memerhatikan kondisi ekonomi mereka. Ia mengatakan, pihaknya tetap mengakomodasi mahasiswa miskin yang ingin berkuliah, sementara masalah biaya pendidikan nantinya akan diupayakan melalui pencarian beasiswa dari pihak ketiga.

"Kami akan mencarikan bantuan beasiswa bagi mahasiswa yang tidak mampu, kalau untuk 20 persen mahasiswa akan mendapatkan bantuan beasiswa Bidik Misi," katanya.

Selain itu, Sudijono juga mengatakan Unnes tidak akan membebankan biaya pembangunan fisik kepada mahasiswa baru.

"Mulai 2011, tidak ada lagi alokasi dana dari mahasiswa yang digunakan untuk kepentingan pembangunan sarana dan prasarana fisik sehingga biaya pendidikan dengan sendirinya murah," katanya.

Nantinya, kata Sudijono, pengembangan fisik kampus akan diandalkan dari alokasi anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) dan kerja sama dengan sejumlah pihak terkait.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com