Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendadak, ITB Tak Gelar Seleksi Mandiri?

Kompas.com - 13/01/2011, 15:40 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Institut Teknologi Bandung (ITB) akan melakukan penerimaan mahasiswa baru pada 2011 yang seluruhnya atau seratus persen hanya melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). 

"Penerimaan mahasiswa baru ITB pada 2011 seratus persen lewat jalur SNMPTN, tidak ada lagi jalur seleksi jalur mandiri," kata Wakil Rektor Bidang Komunikasi, Kemiteraan, dan Alumni ITB Hasanuddin Z Abidin di Bandung, Kamis (13/1/2011).

Penerimaan mahasiswa ITB tahun ini, kata Hasanuddin, akan dilakukan dengan komposisi 60 persen melalui SNMPTN jalur undangan yang berdasarkan penjaringan prestasi akademik dan 40 persen sisanya melalui SNMPTN jalur ujian tertulis dan keterampilan. Sesuai peraturan Mendiknas Nomor 34 Tahun 2010, ITB melaksanakan seleksi penerimaan mahasiswa baru program sarjana secara nasional bersama dengan seluruh perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia, yakni melalui jalur SNMPTN.

Sementara itu, berdasarkan PP No 66 Tahun 2010, ITB akan mengalokasikan tempat bagi calon mahasiswa berkewarganegaraan Indonesia yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi. Jumlahnya sekitar 20 persen dari jumlah keseluruhan mahasiswa baru.

"Calon mahasiswa yang berminat masuk ITB bisa mengakses situs SNMPTN untuk mendaftar dan melakukan pembayaran secara daring di jaringan Bank Mandiri," kata Hasanuddin.

ITB juga menerima program beasiswa seperti program BIUS, Bidik Misi, dan Beasiswa Biaya Pendidikan, dan lain-lainnya. Lebih lanjut, kata Hasanuddin, jadwal pendaftaran SNMPTN 2011 jalur undangan dimulai 1 Februari hingga 12 Maret 2011 dengan pengumuman hasil 18 Mei 2011, sementara registrasi pada 31 Mei hingga 1 Juni 2011.

Adapun pelaksanaan SNMPTN 2011 jalur ujian tertulis dan keterampilan dilakukan mulai 31 Mei hingga 1 Juni 2011. Ujian keterampilan diselenggarakan pada 2-3 Juni 2011.

Diberitakan sebelumnya di Kompas.com, Senin (10/1/2011), pemerintah meminta para rektor PTN merevisi pengumuman pelaksanaan seleksi mandiri yang sudah telanjur diumumkan kepada masyarakat. Bentuk dan cara sosialisasinya diserahkan kepada rektor masing-masing.

Sebelumnya diberitakan, ITB dan Universitas Gadjah Mada telah memulai pendaftaran dan berencana melaksanakan seleksi mandiri sebelum seleksi nasional. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional Djoko Santoso mengatakan, ketentuan pemerintah mengenai penerimaan mahasiswa baru ini sudah sangat tegas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com