Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor ITB: Tak Ada Lagi Jalur Mandiri!

Kompas.com - 17/01/2011, 15:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Rektor Institut Teknologi Bandung Prof Akhmaloka membenarkan bahwa pihaknya sudah tak lagi menggelar seleksi jalur mandiri pada 2011 ini. Seleksi bagi mahasiswa baru ITB hanya melalui seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri.

"Memang, karena ITB kan sudah mandiri mulai 2011 ini. Kami 100 persen berlakukan seleksi melalui SNMPTN, tak ada lagi jalur mandiri," ujar Akhmaloka dihubungi Kompas.com di Bandung, Jawa Barat, Senin (17/1/2011). 

"Kompensasinya dari pemerintah, ya, harusnya pemerintah yang menjelaskan," lanjutnya.

Sebelumnya diberitakan, seleksi mandiri yang diselenggarakan perguruan tinggi negeri (PTN) diharapkan berakhir pada 2011 agar mahasiswa tidak mampu memiliki akses lebih luas untuk pendidikan tinggi. Sebagai gantinya, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Nasional akan memberikan insentif kepada PTN.

Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengatakan hal itu di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (16/1/2011).

”Tahun 2011 masih ada ruang, tetapi pada 2012 kami ingin seleksi mandiri sudah tidak lagi agar biaya penyelenggaraan pendidikan tidak dibebankan kepada mahasiswa baru,” ujarnya.

Sebagai langkah awal, PTN diharapkan membuka keran seleksi nasional setidaknya 60 persen untuk menjaring mahasiswa. Selama ini struktur anggaran keuangan PTN ditopang tiga sumber, yakni pemasukan dari mahasiswa, pemerintah, dan program kemitraan.

Agar bisa bertahan, PTN diminta bisa menggarap potensi kemitraan dan kerja sama penelitian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com