Jumat, 31 Oktober 2014

News / Edukasi

SELEKSI PTN

Akhirnya, Jalur Mandiri UGM Juga Dihapus

Selasa, 18 Januari 2011 | 15:23 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com Universitas Gadjah Mada akhirnya menghapus seleksi jalur mandiri penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tulis Ujian Masuk UGM yang telah dikembangkan sejak 2003. UGM akan menjaring 100 persen mahasiswa barunya melalui pola Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), yang terdiri dari ujian tulis dan undangan.

Direktur Administrasi Akademik UGM yang juga Ketua UM UGM Budi Prasetyo Widyobroto menambahkan, pendaftar seleksi mandiri yang sudah telanjur akan diurus calon mahasiswa baru akan dipindahkan ke SNMPTN.

Menurut Rektor UGM Sudjarwadi, pada seleksi tahun ini soal-soal yang dikembangkan UGM melalui jalur seleksi mandiri telah banyak diintegrasikan ke dalam ujian tulis SNMPTN. Sudjarwadi mengatakan, karena sudah diintegrasikan ke SNMPTN, seleksi mandiri UGM berupa ujian tulis ditiadakan.

Sebelumnya, UGM berencana tetap menyelenggarakan seleksi mandiri sebelum pelaksanaan SNMPTN.

"Integrasi tersebut akan membuat hasil seleksi SNMPTN 2011 lebih berkualitas dan mampu menjaring mahasiswa terbaik yang kelak akan berjasa bagi bangsa dan negara," kata Sudjarwadi saat menggelar jumpa pers untuk mengumumkan penghapusan seleksi mandiri UGM di Rektorat UGM, Selasa (18/1/2011).


Editor : Latief