Sabtu, 1 November 2014

News / Edukasi

GURU

Tunjangan Guru Ditunda Lagi

Jumat, 21 Januari 2011 | 11:47 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Sekitar 4.000 guru bersertifikasi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, belum menerima tunjangan profesi tahap kedua yang seharusnya bisa dinikmati pada Juli 2010. Guru di daerah lain, seperti di Kota Bandung dan Cirebon, juga mengalami nasib yang sama.

Di Kabupaten Bandung, tertundanya pembayaran tunjangan guru, yang total mencapai Rp 78 miliar itu, terkait belum ditetapkannya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bandung 2011. Penetapan APBD baru akan dilakukan tiga bulan mendatang, pada April 2011.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Juhana mengatakan, dana tunjangan sebetulnya sudah diterima pada akhir Desember 2010. Namun, tunjangan tidak bisa langsung dibagikan kepada para guru karena baru bisa dicairkan melalui tahun anggaran 2011.

Juhana menuturkan, kejadian serupa juga berlangsung di daerah lain di Jawa Barat. Dia meminta para guru bersabar menunggu pengesahan APBD 2011 rampung.

Tunjangan profesi guru 2010 dibayarkan melalui dua termin. Termin pertama untuk lima bulan pertama dan sudah diterima, sementara tujuh bulan sisanya akan dibayarkan kemudian. (ELD)

 


Editor : Latief
Sumber: