Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Ujicoba Ujian Nasional, Rendah

Kompas.com - 23/01/2011, 15:18 WIB

MATARAM, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat H Ruslan Effendy mengakui hasil try out atau uji coba menjawab soal-soal mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional rendah.

"Hasilnya tidak sesuai harapan. Menurut para siswa, soal try out yang mereka jawab relatif sulit dan sebagian materi soal yang dijawab belum diajarkan guru karena proses pemberian materi pelajaran belum selesai," katanya di Mataram, Minggu (23/1/2011).

Hampir seluruh mata pelajaran nilainya di bawah standar nilai Ujian Nasional (UN) yakni 5,5, namun dari lima mata pelajaran, yang paling rendah nilainya terjadi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika.

Meskipun hasil uji coba belum sesuai harapan, Ruslan mengaku tidak terlalu khawatir karena uji coba menjawab soal-soal mata pelajaran tahap pertama terdapat materi pelajaran yang belum diberikan oleh guru.

"Kita akan lakukan uji coba lagi. Dari uji coba tahap kedua nanti, kita akan melihat perkembangannya. Saya optimis hasilnya lebih memuaskan dibandingkan uji coba tahap pertama yang digelar pada 21 Desember 2010," ujarnya.

Selain menggelar uji coba menjawab soal-soal yang diujikan dalam UN, pihaknya juga akan meningkatkan koordinasi dengan para kepala sekolah, guru dan pengawas pendidikan untuk meningkatkan kualitas UN di Kota Mataram.

Upaya sosialisasi tentang sistem pelaksanaan dan penilaian UN tahun ajaran 2010/2010 yang menggunakan format baru juga terus dilakukan di sekolah-sekolah.

Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan oleh para pelaku pendidikan tersebut, tingkat kelulusan UN di Kota Mataram pada 2011, diharapkan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

"Jadi kita all out agar target kelulusan dan kualitas UN tahun ini lebih baik dari tahun lalu. Tentunya dengan tetap mengedepankan asas kejujuran," ujar Ruslan yang baru tiga hari dilantik menjadi Kepala Dinas Dikpora Kota Mataram.

Pelaksanaan UN tahun ajaran 2010/2011 akan berlangsung mulai April 2011, untuk SMA/MA dan SMK dijadwalkan 18-20 April 2011, SMP/Mts 25-28 April 2011 dan Ujian Akhir Sekolah Bertaraf Nasional (USBN) untuk sekolah dasar dijadwalkan 10-12 Mei 2011.

Untuk UN susulan bagi mereka yang belum mengikuti UN utama dilaksanakan satu minggu kemudian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com