Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lirik Pemekasan, AS Janjikan Beasiswa

Kompas.com - 01/02/2011, 15:12 WIB

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Pemerintah Amerika Serikat (AS) menyatakan akan membantu pemberian beasiswa dan pengembangan wirausaha kepada Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Hal tersebut disampaikan Konsulat Jenderal AS di Surabaya, Kristen F Bauer, saat menyampaikan pemaparan tentang program pemerintah AS untuk Indonesia di bidang pendidikan dan wirausaha, Selasa (1/2/2011).

"Pemerintah AS tertarik membantu bidang pendidikan, termasuk di Pamekasan dinilai unggul," kata Bauer.

Menurutnya, program beasiswa dari pemerintah AS untuk Indonesia itu meliputi beasiswa S-2 dan S-3 untuk lembaga pendidikan negeri dan swasta yang ada di AS.

"Bagi yang ingin kuliah di perguruan tinggi Islam, di AS juga ada," terang Bauer.

Selain menyediakan biaya pendidikan untuk siswa, pemerintah AS dan perguruan tinggi di sana juga menyediakan biaya bagi para guru, bahkan pegawai pemerintah kabupaten. Pemerintah juga memberikan kursus bahasa Inggris gratis bagi warga Indonesia yang ingin kursus bahasa Inggris untuk persiapan melanjutkan pendidikan di AS.

"Ada dua program kursus yang diberikan pemerintah AS, yaitu kursus jangka pendek dan kursus jangka panjang," katanya.

Setelah melakukan pertemuan dan memaparkan sejumlah program yang berkaitan dengan Pemkab Pamekasan, Konjen AS bersama rombongan selanjutnya berkunjung ke SMAN I Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) Pamekasan. Di sana, Bauer sedang berdialog dengan para guru dan siswa di sekolah itu seputar pendidikan, beasiswa dan sistem pembelajaran di AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com