Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alumni, "Jembatan" yang Masih Dibutuhkan

Kompas.com - 10/02/2011, 18:32 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Selain faktor kualifikasi dan kompetensi, penyebab lain masih tingginya angka pengangguran adalah penyebaran informasi lowongan kerja yang masih perlu diperluas. Saat ini, perguruan-perguruan tinggi sudah semakin terbuka untuk menampung informasi lowongan kerja bagi lulusannya.

"Banyak informasi lowongan kerja yang tidak sampai ke para lulusan. Seharusnya hal ini bisa dijembatani oleh alumni yang sudah bekerja," ujar Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar, usai membuka penyelenggaraan "UI Career & Scholarship Expo XI-2011", Kamis (10/2/2011), di Balairung UI, Kampus UI, Depok.

Muhaimin mengatakan, dengan dijembatani oleh alumni, diharapkan perusahaan atau industri senantiasa menginformasikan lowongan pekerjaannya secara langsung ke kampus untuk diteruskan ke jejaring alumni kampus tersebut.

Saat ini pun, kata Muhaimin, dalam upaya peningkatan pelayanan informasi pasar kerja dan mengembangkan bursa kerja online, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan untuk menginformasikan lowongan kerja.

"Saya juga berharap perusahaan menginformasikan lowongan kerjanya secara langsung ke dinas-dinas ketenagakerjaan setempat atau daerah dan memanfaatkan bursa kerja online. Ini supaya memberi kemudahan kepada pencari kerja sekaligus juga mempercepat pengisian kekosongan posisi di perusahaan yang membutuhkan," kata Muhaimin.

Ia mengharapkan, bursa kerja di kampus-kampus dan bursa kerja di setiap provinsi, kabupaten/kota semakin dimanfaatkan perusahaan sebagai papan informasi yang maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com