Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Pascasarjana UI Sudah Dibuka

Kompas.com - 21/02/2011, 16:28 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru program pascasarjana meliputi magister, profesi, spesialis, serta doktor untuk tahun akademik 2011/2012. Ujian seleksi gelombang pertamanya akan dilaksanakan 17 April 2011.

"Materi tesnya terdiri dari seleksi Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris," kata Kepala Kantor Komunikasi UI Vishnu Juwono kepada Kompas.com, Senin (21/2/2011).

Ia mengatakan, periode pendaftaran untuk program pascasarjana itu dibuka dalam 3 gelombang, yaitu gelombang pertama pada 14 Februari-1 April 2011, gelombang kedua pada 3-24 Juni 2011, dan gelombang terakhir pada 10 Oktober-25 November 2011. Pendaftaran secara online bisa dilakukan laman http://penerimaan.ui.ac.id.

Tahun ini, program pascasarjana UI menawarkan 105 program studi yang dapat dikategorikan menjadi empat rumpun. Masing-masing adalah rumpun kesehatan yang terdiri dari Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Keperawatan, sementara rumpun Sains dan Teknologi terdiri dari Matematika dan IPA, Teknik dan Ilmu Komputer.

Rumpun ketiga adalah Ilmu Sosial dan Humaniora yang terdiri dari program studi Hukum, Ekonomi, Ilmu Pengetahuan Budaya, Psikologi dan Ilmu Sosial dan Politik, sedangkan rumpun keempat adalah Program Kajian Interdisiplin yang terdiri dari Kajian Ilmu Kepolisian, Kajian Ilmu Lingkungan, Kajian Kependudukan & Ketenagaan Kerja, Kajian Ketahanan Nasional, Kajian Pengembangan Perkotaan, Kajian Wanita, Kajian Wilayah Amerika, Kajian Wilayah Eropa, Kajian Wilayah Jepang, Kajian Wilayah Timur Tengah Islam dan Teknologi Biomedis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com