Jumat, 29 Agustus 2014

News / Etalase

27 Resep Hidangan Favorit Anak

Kamis, 3 Maret 2011 | 18:20 WIB

KOMPAS.com - Waktu makan bisa menjadi aktivitas menyenangkan yang paling ditunggu anak. Tetapi, bisa juga menjadi aktivitas yang paling tak disukainya. Apakah kondisi ini yang terjadi dalam rumah Anda? Jika iya, buku resep berjudul Hidangan Favorit Anak yang disusun oleh Rina Poerwadi bisa menjadi panduannya.

Buku 60 halaman berisi 27 resep ini terdiri atas hidangan utama, camilan, minuman, makanan bekal anak, hingga sup untuk mengobati flu anak. Semua resep ini bisa menjadi inspirasi ibu memasak untuk anak.

"Buku resep ini ingin menstimulasi ibu agar memasak untuk anak. Masak untuk anak akan memperkuat bonding keluarga. Kebiasaan masak untuk anak ini juga bisa membuat orangtua tahu apa yang disukai anak, dan terutamanya makanan lebih sehat," jelas Rina kepada Kompas Female, di sela peluncuran bukunya, di toko buku Kinokuniya, Plaza Senayan, Jakarta, Kamis (3/3/2011).

Resep hidangan kesukaan anak ini dikumpulkan dari pengalaman Rina memasak bersama putrinya, Stephanie Alexandra Rich (11). Kebiasaan memasak dan berdiskusi bersama anak mengenai pilihan menu makanan, membuat Rina tak mengalami masalah anak sulit makan.

"Masalah sehari-hari ibu dengan anak, berantem soal makanan, tidak akan ada lagi jika ibu masak dengan strategi dan panduannya," jelas Rina.

Anak pada dasarnya senang dengan makanan restoran. Makanan favorit anak yang sering ditemuinya di restoran inilah yang dimasak di rumah. Dengan begitu anak bisa mengasup makanan yang disukainya, namun diolah lebih sehat. Ibu pun lebih banyak meluangkan waktu memasak untuk anak. Buku ini juga menjadi solusi ibu bekerja memasak makanan praktis untuk anak.

"Ibu bekerja kurang berminat untuk memasak, meski mereka tahu anak butuh makan makanan sehat. Apalagi banyak sekali jalan pintas, jasa delivery misalnya, yang penting ada makanan," lanjutnya.

Pilihan makanan yang dikumpulkan dalam buku resep Rina memang praktis dan sederhana, siapapun bisa membuatnya, bahkan mereka yang tak bisa atau tak terbiasa memasak. Menariknya lagi, cara penulisan buku ini dibuat seperti diary.

"Saat ingin memasak salah satu resep bisa dilihat dari waktunya, karena di buku memasak ini dibuat seperti bercerita, yang memberi ide variasi menu makan untuk anak. Resep berisi menu ala restoran ini tak hanya akan menyenangkan anak dan membuatnya betah makan di rumah. Anak juga bisa memberikan Anda pujian karena memasakkan makanan yang enak dan sehat. Ibu butuh pujian, termasuk dari anak. Jika tak mendapatkan pujian Anda harus berusaha mendapatkannya. Salah satunya dengan memasak untuk anak," lanjut Rina.

Dari puluhan resep tersebut, Rina memasakkan mini pizza yang renyah dengan keju segar saat demo masak di peluncuran bukunya. Menu praktis lainnya bisa Anda coba di rumah, seperti sup pure wortel, sup pure brokoli, sup pure kentang, sup bawang putih, sup bayam, saus tomat serbaguna, fusili pasta saus napolitan, saus bolognese, chilli dog, ayam panggang saus peanut butter, chocolate custard ala ibu, puding jeli dan yogurt, teh jahe, teh jahe dan peppermint, yogurt lolly, dan masih banyak lagi.


Editor : Dini