Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Pelajar Indonesia di Lomba Wirausaha

Kompas.com - 05/03/2011, 19:47 WIB

SANGATTA, KOMPAS.com — Empat pelajar terbaik Indonesia terpilih untuk mewakili Indonesia dalam lomba kewirausahaan tingkat internasional di Cordoba, Argentina, 9-14 Mei 2011.

"Mereka akan bersaing dengan ratusan pelajar lain dari 12 negara di dunia," kata Kepala Bidang Pendidikan Lanjutan dan Menengah Dinas Pendidikan Kutai Timur, Kalimantan Timur, Wagiman, Sabtu (5/3/2011).

Menurut Wagiman, empat pelajar Indonesia yang menjadi duta Indonesia itu berasal dari empat provinsi, yakni DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Kalimantan Timur yang diwakili siswa SMA Negeri 1 Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur.

"Saya sendiri yang akan memimpin delegasi pelajar Indonesia yang tergabung dalam Prestasi Junior Indonesia (PJI) ke negara Maradona dan akan meninggalkan Indonesia pada 7 Mei 2011," kata Wagiman melalui telepon selulernya.

Ia mengatakan, Direktur Umum PJI Utami dan Direktur Operasional PJI Robert Kartinen yang memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk mendampingi empat pelajar Indonesia ke Argentina itu.

Menurut dia, empat pelajar yang terpilih itu telah diseleksi dengan sangat ketat oleh tim independen dari PJI sejak Februari lalu. Materi seleksi meliputi bahasa Inggris dan kewirausahaan.

Prestasi Junior bekerja sama dengan Junior Achievement Worldwide melaksanakan program Prestasi Junior, seperti JA Job Shadow dan Simulasi Bisnis JA TITAN untuk mempersiapkan generasi muda menjadi wirausahawan yang inovatif dan menjadi bagian dari tenaga kerja yang tepat guna.

Pelajar Indonesia akan mempresentasikan pendidikan kewirausahaan, inisiatif pengembangan kecerdasan, dan keahlian berbisnis. Mereka akan bersaing dengan pelajar SMU pilihan dari Asia, Australia, Afrika, Amerika, dan Eropa.

Menurut Wagiman, inisiatif Pengembangan Keahlian Kecerdasan Berbisnis akan memiliki dampak besar terhadap kemampuan siswa-siswi agar bisa sukses berkompetisi di perekonomian global.

Selain akan mempresentasikan kewirausahaan, pelajar Indonesia juga akan mempresentasikan potensi dan obyek wisata Indonesia. "Ini merupakan kesempatan yang bagus dan tepat untuk mempromosikan pariwisata Kalimantan Timur dan khususnya Kutai Timur karena potensinya menjanjikan," ujarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com