Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikhawatirkan, Pengajar PAUD Harus S-1

Kompas.com - 12/03/2011, 17:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Para pengajar pendidikan anak usia dini (PAUD) di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, khawatir tentang keharusan pengajar berpendidikan minimal S-1. Mereka khawatir, jika syarat tersebut dilaksanakan akan menyulitkan mereka yang kebanyakan hanya berijazah SMA untuk berpartisipasi menjadi pengajar.

Demikian diungkapkan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Triwisaksana kepada Kompas.com, Sabtu (12/3/2011). Kekhawatiran itu muncul sehari sebelumnya, Jumat (11/3/2011), pada pertemuan bulanan  kepala-kepala sekolah PAUD se-Kecamatan Pesanggrahan dengan DPRD yang diselenggarakan di BKB PAUD Melati, Kelurahan Petukangan Selatan, Kecamtan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. 

Triwisaksana meyakinkan para pengurus PAUD bahwa tidak akan ada aturan seperti itu. Namun, ia akan mendorong peningkatan kualitas pengajar PAUD lewat workshop, kursus, ataupun beasiswa.

Menurutnya, peningkatan kualitas Bina Keluarga Balita Pendidikan Anak Usia Dini (BKB PAUD) saat ini harus terus didukung pemerintah, baik lewat peningkatan anggaran ataupun standardisasi kurikulum. Pendidikan usia dini merupakan investasi yang besar dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di negeri ini.

Ia mengatakan, semakin banyak PAUD yang hadir di tengah masyarakat merupakan anugerah besar. Pada usia tersebut, anak-anak berada pada zaman keemasan dalam menyerap dan menerima nilai-nilai dari lingkungan.

"Kami (DPRD) akan mendorong peningkatan kualitas PAUD yang ada di tengah masyarakat ini. Saya sangat menghargai niat tulus dari masyarakat yang sukarela menjadi pengajar PAUD sekalipun bukan dari lulusan S-1," ujar Triwisaksana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com