Minggu, 13 Juli 2014

News / Edukasi

REMBUK NASIONAL

Banyak Pembahasan, Tunggu Hasilnya Saja

Kamis, 17 Maret 2011 | 11:05 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Rembuk Nasional Pendidikan (Rembuknas) 2011 menggelar sidang komisi, Kamis (17/3/2011). Sidang membahas berbagai masalah pendidikan yang dibagi dalam 7 komisi.

Komisi I membahas tentang peningkatan ketersediaan dan keterjangkauan layanan pendidikan anak usia dini (PAUD) bermutu dan berkesetaraan secara efisien dan efektif. Komisi II mendiskusikan tentang jaminan kepastian memperoleh layanan pendidikan dasar bermutu dan berkesetaraan secara efisien dan efektif, sedangkan Komisi III fokus pada peningkatan ketersediaan dan keterjangkauan layanan pendidikan menengah bermutu, relevan, dan berkesetaraan secara efisien dan efektif.

Sementara itu, Komisi IV mengambil isu tentang meningkatkan ketersediaan dan keterjangkauan layanan pendidikan tinggi bermutu, relevan, dan berdaya saing internasional secara efisien dan efektif dan Komisi V membahas tentang meningkatkan ketersediaan dan keterjangkauan pendidikan orang dewasa bermutu, relevan, dan berkesetaraan secara efisien dan efektif.

Di Komisi VI, sidang terfokus pada peningkatan fungsi bahasa Indonesia sebagai jati diri dan pemersatu bangsa secara efisien dan efektif. Sementara itu, Komisi VII mendiskusikan tentang penguatan tata kelola untuk menjamin efisiensi dan efektifitas pelaksanaan misi Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas).

Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Pendidikan Nasional (PIH Kemdiknas) Ibnu Hamad mengatakan, belum ada kepastian apakah hasil dari Rembuknas 2011 akan dipresentasikan kepada Komisi X DPR RI.

"Belum ada arahan ke sana. Yang jelas, hasil dari rembuknas 2011 ini akan menjadi pegangan bagi para pemangku kepentingan pusat dan daerah," kata Ibnu.


Editor : Latief