Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Hasilnya, Ditunggu Realisasinya

Kompas.com - 18/03/2011, 16:27 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Konsep efisiensi dan efektifitas yang dijadikan acuan dalam sidang komisi di Rembuk Nasional Pendidikan (Rembuknas) 2011 menghasilkan sejumlah hal terkait pelaksanaan tiga pilar efisiensi dan efektifitas itu, yaitu berbagi sumber daya, integrasi proses, dan penggunaan TIK.

Untuk pilar berbagi sumber daya, dihasilkan suatu kesimpulan perlunya perluasan cakupan pendidikan anak usia dini (PAUD) secara holistik dan integratif, pemanfaatan fasilitas sosial yang ada di masyarakat untuk penyelenggaraan PAUD, SD dan SMP satu atap, berbagi fasilitas satuan pendidikan SD paket A, SMP paket B-SMP Terbuka, SMA paket C dan SMK pendidikan vokasi berkelanjutan, serta pemberdayaan satuan pendidikan formal untuk penyelenggaraan program pendidikan orang dewasa (POD).

Selain itu, diperlukan juga berbagi sarana pendidikan untuk berbagai macam kekhususan yang sejenis, seperti pengembangan pusat riset nasional melalui pemanfaatan fasilitas secara bersama antar perguruan tinggi, layanan POD terpadu seperti lembaga kursus, pusat kegiatan belajar mengajar, rumah pintar, perpustakaan dan lain-lain, pemberdayaan tutor secara terpadu, penguatan peraturan perundangan tentang penyaluran dan pemanfaatan dana BOS, berbagi sumber daya peningkatan fungsi bahasa Indonesia dalam dan luar negeri, ujian kelayakan bahasa Indonesia (UKBI), serta internalisasi jati diri bangsa.

Sementara itu, untuk pilar integrasi proses, hasil yang disepakati adalah penyediaan PTK dan sarana lainnya untuk PAUD, pendidikan dasar (Dikdas), dan pendidikan menengah (Dikmen), integrasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran di semua jenjang pendidikan, integrasi proses pembelajaran SMA dengan perguruan tinggi dan integrasi nilai kelulusan dengan seleksi masuk perguruan tinggi, redistribusi guru internasional dan antar kabupaten/kota/provinsi, standar kompetensi SMK, dan lain-lain.

Untuk pilar pembangunan teknologi informasi dan komunikasi, hasil yang disepakati adalah berbagi sumber belajar melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada jenjang PAUD, Dikdas, Dikmen, dan Dikti, pelaksanaan e-learning yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan potensi lokal, percepatan perwujudan e-administrasi, penguatan pemanfaatan e-layanan (perizinan, akreditasi, dan lain-lain), integrasi pengadaan barang dan jasa melalui e-procurement, pemanfaatan TIK dalam peningkatan fungsi bahasa Indonesia, UKBI, dan internalisasi jati diri bangsa.

Rencananya, sore ini akan digelar rapat antara Kemdiknas dengan pejabat eselon mengenai hasil Rembuknas 2011. Rapat tersebut untuk menerjemahkan hasil Rembuknas agar dapat segera dilaksanakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com