Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wah... UI Pilihan Pertama Terbanyak!

Kompas.com - 24/03/2011, 18:10 WIB

DEPOK, KOMPAS.com — Universitas Indonesia (UI) masih menjadi perguruan tinggi negeri yang paling diminati siswa-siswi SMA/MA. Sebanyak 24.323 siswa memilih UI sebagai pilihan pertama dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Undangan 2011.

Data hasil pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan 2011 yang berakhir pada Minggu (13/3/2011) lalu menunjukkan, UI dijadikan pilihan pertama para calon mahasiswa SNMPTN Undangan. Sementara itu, Universitas Gadjah Mada (UGM) dipilih oleh 21.832 siswa sebagai pilihan pertama dan 12.201 siswa memilih Universitas Padjadjaran (Unpad) sebagai pilihan pertamanya.

Kepala Kantor Komunikasi UI Vishnu Juwono saat dihubungi di Depok, Kamis (24/3/2011), mengatakan, tahun ini UI memberikan kuota sebesar 55-65 persen untuk seleksi penerimaan mahasiswa baru program sarjana (S-1) melalui SNMPTN Undangan. Pada tahun akademik 2011/2012 ini, UI menawarkan 55 program studi (prodi) yang dibagi ke dalam tiga rumpun ilmu, yaitu Rumpun Ilmu Kesehatan, Rumpun Ilmu Sains Teknologi, serta Rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora.

"Untuk rumpun Ilmu Kesehatan, Pendidikan Dokter memiliki peminat pemilihan pertama tertinggi, yaitu mencapai 3.347 pendaftar dan diikuti oleh Pendidikan Dokter Gigi dengan 567 pendaftar," papar Vishnu.

Sementara itu, untuk rumpun Ilmu Sains dan Teknologi, prodi dengan peminat pilihan pertama tertinggi adalah Farmasi yang mencapai 824 pendaftar diikuti oleh Ilmu Komputer dengan 767 pendaftar. Untuk Rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora, prodi pilihan pertama yang paling diminati adalah Akuntansi, yaitu 3.602 pendaftar dan diikuti oleh Manajemen dengan 1.640 pendaftar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com