Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Ancol, Bantu Biaya Pendidikan

Kompas.com - 02/04/2011, 17:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Taman Impian Jaya Ancol kembali menghadirkan program beasiswa pendidikan Keberlangsungan Pendidikan Anak Bangsa. Program yang dikelola oleh PT Pembangunan Jaya Ancol (PJA) ini telah berjalan tak kurang dari tiga tahun lalu.

Direktur Rekreasi PT PJA, Winarto, Sabtu (2/4/2011) siang, di Jakarta mengatakan program beasiswa tersebut diperuntukkan bagi anak-anak berprestasi yang kurang mampu. Program itu dilaksanakan bekerjasama dengan Sekolah Rakyat Ancol.

"Berjalan sejak tiga tahun lalu, program beasiswa ini untuk jenjang pendidikan tingkat SD dan SMP," kata Winarto.

Winarto menuturkan, program beasiswa tersebut dijalankan di Sekolah Rakyat Ancol 1 di kawasan Pademangan Barat dan Sekolah Rakyat Ancol 2 di Kelurahan Ancol, Jakarta Utara. Jumlah siswa di dua sekolah tersebut saat ini mencapai 120 siswa, yang beberapa di antaranya sempat mengikuti kompetisi pendidikan tingkat nasional.

Mengenai sumber dana untuk biaya operasional di sekolah, Winarto mengaku kesulitan ketika harus mengajak para mitra menjadi donatur. Untuk itulah, PT PJA merancang beberapa program yang bisa disinergikan untuk membantu kelangsungan pemberian beasiswa ini.

Salah satu program tersebut adalah Premium Dufan, yaitu layanan lengkap dengan memanfaatkan fasilitas khusus pada gerbang masuk di 12 wahana favorit di Dunia Fantasi (Dufan), Ancol.

"Hasil dari penjualan Premium Dufan ini akan disisihkan untuk alokasi dana beasiswa tersebut," kata Winarto.

Dalam setahun, PT PAJ berhasil menyisihkan dana untuk program beasiswa ini sekitar Rp 600 juta dan langsung disalurkan kepada dua sekolah tersebut. Ia mengatakan, dengan alokasi dana yang cukup, para siswa diharapkan dapat belajar dengan tenang, tanpa perlu khawatir memikirkan soal biaya.

"Kami harap mereka bisa tenang, tinggal datang dan belajar, tanpa memikirkan biaya, termasuk guru dan buku-bukunya, karena semua telah kami siapkan," ujarnya.

Tak hanya itu, PT PJA juga berjanji akan melanjutkan pendidikan para siswa di kedua sekolah itu ke jenjang berikutnya. Winarto berharap, setelah para siswa mendapatkan pendidikan yang cukup, mereka mampu mendapatkan lapangan pekerjaan yang layak.

"Semua pasti dilanjutkan, buat kami yang terpenting adalah semangat mereka untuk belajar," tukasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com