Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendiknas: Ada Ribuan Beasiswa ke AS!

Kompas.com - 04/04/2011, 17:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengatakan, untuk mencapai target 15.000 pelajar Indonesia di Amerika Serikat pada 2015, saat ini tersedia ribuan beasiswa bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studinya ke perguruan tinggi di negara tersebut.

"Peluang untuk pelajar mendapatkan beasiswa itu sangat besar, sampai ribuan," ucap Nuh saat menghadiri Access America Higher Education Forum, Senin (4/4/2011) di Jakarta.

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) menambahkan, Kementerian Pendidikan Nasional mendukung setiap upaya yang dilakukan pihak swasta untuk memberikan bantuan pendidikan ke luar negeri, termasuk yang dilakukan Access Education Beyond. Access Education Beyond adalah sebuah program bantuan independen di bawah naungan Putera Sampoerna Foundation (PSF), bekerja sama dengan Departemen Perdagangan AS.

"Mengapa saya ingin join dengan ini? karena Kemdiknas memberikan perhatian yang sangat khusus, baik dari masyarakat secara umum maupun dosen," ungkap Nuh.

Ia mengatakan, peningkatan pelajar antarkedua negara merupakan hasil kesepakatan antara presiden kedua negara, Susilo Bambang Yudhoyono dan Barack Obama.

"Ini merupakan realisasi tujuan antara two leader, Pak SBY dan Obama. Mereka kan sudah sepakat. Rumahnya sudah ada, sekarang kami lakukan persiapan untuk masuknya," lanjut Nuh.

Ia menambahkan, strategi Indonesia saat ini adalah mempersiapkan hal-hal teknis, seperti penambahan wawasan terhadap perguruan tinggi dan tes TOEFL.

"Ketahui syarat-syarat yang harus dipenuhi. Kita harus persiapkan, bahkan dari sisi perguruan tinggi, karena sudah mengarah ke masalah sangat teknis, seperti nilai TOEFL-nya," ujar Nuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com