Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RS dr Karyadi Siap Tangani Febri

Kompas.com - 05/04/2011, 20:23 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com — Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Kariadi, Semarang, telah menyiapkan dokter untuk mengantisipasi seandainya Muhammad Febriyanto atau Febri masih membutuhkan perawatan sepulang ke Indonesia. Ketua delegasi Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Diponegoro (Undip) di ajang "1st Vietnam International Choir Competition 2011", 16-20 Maret 2011, itu dijanjikan perawatan yang memadai.

Kepala Bagian Humas, Hukum, dan Pemasaran RSUP dr Kariadi Semarang dr Darwito di Semarang, Selasa (5/4/2011), mengatakan, pihaknya telah menunjuk dokter spesialis penyakit dalam yang khusus menangani infeksi. Febri menjalani opname di salah satu rumah sakit di Vietnam setelah terkena pneumonia dan infeksi tenggorokan. Selama di Vietnam, ia telah pindah rumah sakit hingga tiga kali.

"Dokternya sudah kami siapkan, yakni dr Husen Gazan, begitu pula dengan berbagai peralatan yang dibutuhkan jika sewaktu-waktu Febri harus menjalani perawatan lagi," katanya.

Untuk ruangannya, kata dokter spesialis bedah onkologi itu, pihaknya telah menyiapkan paviliun Garuda RSUP dr Kariadi sebagai langkah antisipatif yang membutuhkan perawatan. Darwito menambahkan, berbagai fasilitas perawatan itu disiapkan setelah Undip berkoordinasi dengan RSUP dr Kariadi terkait rencana kepulangan Febri dalam waktu dekat.

Sementara itu, Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi mengatakan, kepulangan Febri ke Indonesia kembali diundur. Kepulangan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) yang direncanakan pada Selasa itu dianulir menjadi Rabu. Ia menjelaskan, pengunduran jadwal tersebut dilakukan karena masih ada prosedur yang harus dipenuhi.

Khusus untuk biaya perawatan dan pengobatan Febri di Rumah Sakit Ho Chi Minh City, Vietnam, tutur Sudharto, pihak Undip sudah mengirimkan dana sekitar 7.200 dollar AS.

"Kami berupaya memberikan yang terbaik untuk Febri, termasuk antisipasi pelayanan kesehatan bagi Febri jika memang masih dibutuhkan," kata Sudharto.

Seperti diberitakan, PSM Undip berharap uluran tangan para alumni dan masyarakat Indonesia untuk membantu anggotanya, Muhammad Febriyanto (21), yang sedang terkena musibah di Vietnam (Baca: Undip Galang Dana untuk Pulangkan Febri).

Di negara tersebut, kontingen PSM Undip baru saja meraih juara umum pada "1st Vietnam International Choir Festival", 16-19 Maret di Hoi An (Baca: Raih Juara, Nasib Undip Malah Terlunta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com