Selasa, 23 September 2014

News / Edukasi

Persiapan UN

Sekolah-sekolah Gelar Doa Bersama

Selasa, 12 April 2011 | 12:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pembekalan kepada para siswa untuk menghadapi ujian nasional tak hanya dengan menggelar try out. Sejumlah sekolah mengadakan kegiatan doa bersama atau istigasah untuk memperkuat mental dan batin para siswa.

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, beberapa sekolah di wilayah Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Jakarta Pusat menggelar acara tersebut. Kegiatan doa bersama menjadi agenda tahunan yang selalu digelar sekolah menjelang ujian nasional.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMA Negeri 68 Jakarta Murisna Helni mengatakan, sejak tahun lalu sekolahnya mengadakan kegiatan ini.

"Sejak tahun lalu kami mengadakan doa bersama, dan tahun ini adalah kali kedua kami menyelenggarakannya," kata Helni, Selasa (12/4/2011) di Salemba, Jakarta Pusat.

Kegiatan yang sama juga digelar SMA Advent, Jakarta. Salah seorang guru SMA Advent, Ela Poyoh, mengatakan, tak hanya doa bersama, pihaknya juga mengadakan puasa dan kebaktian menjelang UN.

"Setelah buka bersama, kami melaksanakan kebaktian dan ditutup dengan doa bersama," kata Ela.

Ditemui terpisah, Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 24 Jakarta Selatan Rita Hastuti mengungkapkan, sekolahnya akan mengadakan kegiatan doa bersama bersamaan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pekan ini.

"Kamis depan kami akan menggelar doa bersama, sekaligus memperingati Maulid Nabi dan bakti sosial," ujar Rita.

Sementara itu, beberapa sekolah yang menggelar kegiatan serupa adalah SMAN 13 (Jakarta Utara); SMAN 68, SMA Advent, dan SMA Muhammadiyah (Jakarta Pusat); serta SMAN 6, SMAN 24, SMAN 29, SMKN 40 Jakarta Selatan, SMKN 5, dan SMA Bina Pangudi Luhur (Jakarta Timur). 


Editor : Inggried