Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampus Baru Dibangun di Bogor

Kompas.com - 13/04/2011, 17:50 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Universitas Bakrie dan Yayasan Pendidikan Bakrie hari ini melaksanakan peletakan batu pertama (groundbreaking ), menandai dimulainya pembangunan gedung kampus yang berkonsep eco-friendly di kawasan perumahan terintegrasi Bogor Nirwana Residence, Rabu (13/4/2011) siang.

Pembangunan gedung kampus baru Universitas Bakrie ini diharapkan mendukung tercapainya visi dan misi Universitas Bakrie yaitu menjadi institusi pendidikan tinggi yang berwawasan global dan sejalan dengan kepentingan nasional, berbasis teknologi ramah lingkungan, serta menghasilkan lulusan technopreneur dengan kompetensi berkualitas internasional.  

Dalam siaran pers yang dikeluarkan Humas Bogor Nirwana Resident, Rabu sore, dikutip pernyataan Ratna Indira Nirwan Bakrie, Ketua Yayasan Pendidikan Bakrie, yakni sebagai badan pelindung, YPB berkomitmen terus mengembangkan Universitas Bakrie sejalan dengan kemajuan dunia pendidikan di Indonesia yang semakin kompetitif. Salah satunya dengan membangun gedung perkuliahan (kampus) baru sebagai sarana belajar-mengajar yang lebih memadai sesuai visi dan misi Universitas Bakrie, katanya.  

"Sebagai institusi pendidikan yang siap melahirkan lulusan technopreneur serta sejalan dengan perkembangan program studi dan kegiatan kemahasiswaan yang ada, maka UB layak untuk segera memiliki gedung kampus yang siap digunakan untuk tahun akademik 2012/2013," tambah Prof Ir Sofia W Alisjahbana, MSc, PhD, Rektor Universitas Bakrie.

Pembangunan kampus baru Universitas Bakrie di Bogor Nirwana Residence ini terwujud karena keselarasan konsep yang dimiliki Universitas Bakrie dan Bogor Nirwana Residence. Universitas Bakrie berharap mahasiswa dan staf pengajarnya memiliki suasana belajar-mengajar yang kondusif sehingga memerlukan wilayah kampus yang berwawasan lingkungan/eco-friendly. Berangkat dari hal tersebut, Bogor Nirwana Residence merupakan tempat yang tepat untuk bisa merealisasikan konsep kampus baru Universitas Bakrie.  

Kampus Universitas Bakrie terletak di kawasan perumahan Bogor Nirwana Residence, Unit Usaha Landed Residential dari Ba krieland, di atas lahan seluas 25 ha. Fasilitas di kampus itu, antara lain, gedung atau bangunan ruang-ruang kuliah, laboratorium pendidikan, perpustakaan, pusat bahasa, student centre, auditorium, masjid, sarana praktik kerja (incubator), plaza dan amphitheatre untuk mahasiswa berinteraksi, kantor fakultas, dan rektorat. Selain itu, kawasan kampus ini akan dilengkapi pula dengan fasilitas penunjang kehidupan mahasiswa, yaitu gedung dormitory dan area university villages untuk para mahasiswa hang out.  

Konsep eco-friendly campus, antara lain, akan diwujudkan dengan mengutamakan penghematan energi, seperti dalam bentuk penggunaan koridor yang lebar untuk menahan tampias hujan dan pemanfaatan cahaya matahari sebagai sumber penerangan utama, pemanfaatan ventilasi silang.  

"Kami merencanakan pembangunan kampus baru Universitas Bakrie ini dalam beberapa tahap, di mana pada tahap akhirnya kampus baru ini akan mampu menampung sebanyak 15.000 mahasiswa," tutup Sofia.   

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com