Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wamendiknas: Mereka Bagian dari Kita!

Kompas.com - 15/04/2011, 18:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal menyatakan, akan mendampingi empat pejabat Kementrian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) yang ditahan terkait dugaan korupsi dana pelaksanaan lomba keterampilan siswa (LKS) SMK XVII dan pameran SMK tahun 2009.

Fasli mengatakan, dirinya sudah menyerahkan semua proses hukum pada ketentuan yang berlaku. Selain itu, ia menambahkan, dirinya tak akan melakukan intervensi apa pun karena kasus tersebut sudah masuk dalam domain para penegak hukum.

"Kita hargai proses pemeriksaan dan tunggu bagaimana masalah sebenarnya," kata Fasli kepada Kompas.com, Jumat (15/4/2011).

"Mereka bagian dari kita dan kami akan dampingi selama proses pemeriksaan. Kita serahkan semua proses hukum sesuai ketentuan yang berlaku," ungkap Fasli.

Seperti diberitakan, Kamis (14/4/2011), Kejaksaan Agung menahan empat pejabat Kementerian Pendidikan Nasional terkait dugaan korupsi pelaksanaan lomba keterampilan siswa (LKS) SMK XVII dan pameran SMK yang digelar kementerian tersebut pada 20-24 Mei 2009. Kerugian negara ditaksir mencapai Rp 2 miliar atas perbuatan empat tersangka tersebut (Baca: Empat Pejabat Kemdiknas Ditahan Kejagung).

"Benar, mereka sudah resmi ditahan. Pukul setengah lima sore tadi," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum  Kejagung Noor Rachmad saat dihubungi di Jakarta, Kamis (14/4/2011), membenarkan penangkapan tersebut.

Adapun keempat tersangka yang ditahan itu adalah Joko Sutrisno (Direktur Pembinaan SMK Kemdiknas), Susilowati (Kasubdit SMK Direktorat Pembinaan SMK Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdiknas/Pejabat Pembuat Komitmen), Suko Wiyanto (Penanggung Jawab Kegiatan), serta Al Azhar (Bendahara Pengeluaran Pembantu).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com