Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memberantas Penyakit "Examen Cultus"

Kompas.com - 19/04/2011, 14:07 WIB

Oleh Dhitta Puti Sarasvati

KOMPAS.com - Dengan porsi lebih besar, yaitu 60 persen, Ujian nasional (UN) menjadi salah satu faktor paling dominan dalam menentukan kelulusan siswa. Padahal, UN bukan sistem yang dirancang untuk mendukung siswa bermasalah dalam belajar.

Menekankan ujian sebagai penentu kelulusan siswa menyebabkan siswa-siswa yang memiliki masalah dalam belajar akan tertinggal jauh di belakang. Di Finlandia, sistem telah dirancang sedemikan rupa, sehingga permasalahan siswa dalam belajar bisa dideteksi sedini mungkin, bukan di akhir masa sekolah.

Saat siswa memiliki permasalahan dalam belajar, sistemnya mengatur agar siswa tersebut memperoleh dukungan sedini mungkin. Dukungan itu diberikan, misalnya, dengan adanya guru-guru khusus menangani siswa yang mempunyai learning difficulties (masalah dalam belajar). Untuk itu, assessment, apapun bentuknya, termasuk ujian, harus digunakan untuk membantu guru, sekolah, maupun pemerintah dalam memberi dukungan pada siswa.

Dukungan tersebut harus dilakukan selama proses pembelajaran di sekolah. UN diselenggarakan di akhir masa siswa sekolah. Maka, kalau ada siswa yang ternyata nilainya buruk, kapan akan memperbaikinya? Siapa yang membantu siswa memperbaikinya?

Daripada ujian yang begitu padat materinya di akhir tahun sekolah, tentu lebih baik dilakukan berbagai bentuk assessment sepanjang masa belajar. Assessment ini digunakan untuk mengetahui kekurangan siswa dalam belajar, baik itu siswa kurang dalam matematika atau di dalam bahasa Indonesia. Kalau pun kekurangan itu di bidang matematika, sekolah akan mengetahui letak kekurangan siswa. Setelah mengetahui permasalahan siswa secara spesifik, maka dengan mudahnya kita menentukan dukungan yang memang diperlukan siswa.

Nyatanya, sistem pendidikan kita memang belum memberikan dukungan memadai untuk membantu siswa yang kesulitan dalam belajar. Bahkan, pemerintah juga telah salah kaprah dalam memandang ujian lebih penting dibandingkan bentuk assessment lainnya. Ini sudah terbukti dengan adanya UN.

Sementara itu, banyak negara justeru sudah meninggalkan penentuan kelulusan siswa dengan ujian akhir. Di Swedia, misalnya, tidak ada ujian akhir sekolah untuk menentukan kelulusan siswa. Ujian sejenis ini telah dihentikan sejak 1971 dan digantikan dengan assessment di sekolah (Black, 1998, h.140). Di Finlandia pun yang diminta untuk melakukan assement terhadap siswa adalah guru (OECD, 2011)4.

Proyek siswa

Berbeda dengan pemahaman sempit pemerintah Indonesia yang lebih menekankan assesment pada ujian, justru salah satu penekanan terbesar melakukan assessment terhadap siswa di Finlandia adalah melalui proyek. Proyek bisa berupa karya siswa, baik penelitian, merancang sebuah desain, dan sebagainya, yang bisa dikerjakan bersama-sama dalam satu tim dan lintas bidang studi.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com