Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibeberkan, Parahnya Kecurangan UN SMA!

Kompas.com - 25/04/2011, 19:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) membeberkan temuannya terkait kecurangan pada pelaksanaan ujian nasional tingkat sekolah menengah atas yang digelar pekan lalu. Kecurangan tersebut umumnya terjadi di daerah, seperti DI Yogyakarta, Aceh Utara, Bekasi, Probolinggo, Bengkulu, dan Lampung Tengah.

Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Slamet Nur Achmad Effendy kepada Kompas.com, Senin (25/4/2011), mengatakan, beberapa sekolah yang secara jelas melakukan kecurangan itu adalah SMAN 2 Bekasi; SMA Muhammadiyah 1 Kali Rejo, Lampung Tengah; SMAN 1 Sewon, Bantul; dan SMAN 2 Yogyakarta. Menurut Slamet, kecurangan terjadi sangat sistematis dan terorganisasi. Hal itu terbukti dari pengakuan beberapa siswa di beberapa daerah.

"Informasi tentang pelanggaran UN itu kami dapatkan dari siswa. Pertama siswa diharuskan memakai celana dobel agar leluasa membawa telepon genggam saat ujian dan berfungsi untuk distribusi kunci jawaban dari para guru," kata Slamet, Senin (25/4/2011) di Cikini, Jakarta Pusat.

Slamet melanjutkan, awalnya ia khawatir dengan akurasi informasi tersebut. Karena itu, ia bersama tim IPM melakukan verifikasi dan validasi terhadap beredarnya kunci jawaban tersebut. Hasilnya mencengangkan, karena sebagian besar kunci jawaban tersebut benar-benar sesuai dengan soal dalam UN.

"Awalnya kami khawatir itu hanya laporan yang dibuat-buat karena posko kami ada di seluruh daerah. Kami sudah lakukan verifikasi kepada teman-teman di sana," lanjut Slamet.

Selain itu, kecurangan lainnya adalah mengatur pengacakan soal sedemikian rupa sehingga memungkinkan siswa mendapatkan paket soal yang sama sehingga berguna untuk memberikan kemudahan saat mencontek.

"Banyak pelanggaran, termasuk mengatur pengacakan soal. Hal itu diatur sedemikian rupa. Bisa jadi dalam lima baris, siswa mendapat paket soal yang sama," ungkap Slamet.

Sebagai bukti pendukung, Slamet akan menghadirkan beberapa siswa yang melaporkan kecurangan tersebut. Ia bahkan siap mempertanggungjawabkan kebenaran informasi ini.

"Sebenarnya para siswa tersebut siap diwawancarai. Saat ini sedang kami koordinasikan dengan posko di daerah," tutur Slamet.

Faktanya, sambung Slamet, semakin canggih sistem, semakin canggih juga kecurangannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com