Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
INVESTASI

Apa Saja Saham yang Layak Dikoleksi?

Kompas.com - 06/05/2011, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Jika mau berinvestasi di pasar modal, fokuslah ke saham-saham yang berhubungan dengan komoditas. Hal tersebut diungkapkan oleh Vice President Research and Analyst PT Valbury Asia Securities Nico Omer Jonckheere di Pontianak, Kamis (5/5/2011).

"Karena komoditas sekitar lima tahun ke depan masih akan menjadi primadona di Bursa Efek Indonesia," ujar Nico. Ia pun menyebutkan, batubara dan minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) masih menjadi favorit atau yang menjanjikan untuk berinvestasi di perusahaan-perusahaan komoditas.

Selain komoditas, saham yang terkait infrastruktur juga menarik untuk dikoleksi. "Kita melihat semen. Kenapa semen? Karena banyak sekali proyek infrastruktur yang akan digarap pemerintah ke depan," tuturnya.

Sementara di sektor properti, saham yang paling disukainya adalah Alam Sutera (ASRI). Harga tanah yang cenderung meningkat dan kebutuhan akan rumah yang selalu tumbuh menjadikan investasi di saham-saham properti cukup menggiurkan.

Terkait perilaku konsumsi masyarakat, Nico juga merekomendasikan saham-saham perusahaan consumer goods. "Orang Indonesia itu sangat konsumtif," ungkapnya.

Untuk saham-saham perusahaan perbankan, Nico menyebutkan tetap termasuk yang bagus. Namun, ia menaruh rasa khawatirnya karena faktor inflasi. "Kalau inflasi naik, mungkin suku bunga harus naik. Kalau suku bunganya naik, cost of fund-nya itu naik. Dan, net interest margin pasti tertekan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com