Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Beri Beasiswa Kursus Bahasa Inggris

Kompas.com - 06/05/2011, 20:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai upaya mempererat hubungan antara Amerika Serikat (AS) dan Indonesia, Kedutaan Besar (Kedubes) AS di Indonesia melalui program ACCESS America Higher Education Forum memberikan ratusan beasiswa dalam bentuk kursus bahasa Inggris kepada para pelajar usia 14-18 tahun di beberapa daerah di Indonesia.

"Program ini memberikan pelajaran bahasa Inggris dasar bagi siswa-siswa dari keluarga nonelit melalui kelas kursus setelah jam sekolah layaknya ekstrakulikuler. Karena ini merupakan beasiswa, para siswa tidak dipungut biaya sepeser pun," kata Asisten Atase Budaya dan Pendidikan Kedutaan Besar AS, Arend Zwartjes, Jumat (6/5/2011) sore, di Jakarta.

Selain itu, siswa-siswi ACCESS juga akan diperkenalkan pada budaya dan nilai-nilai demokrasi AS. Pelatihan tersebut diharapkan menjadi upaya agar para siswa dapat berkompetisi dan berpartisipasi dalam program-program studi dan pertukaran pelajar ke AS di masa depan.

Sejak dicetuskan pertama kali pada 2004, sedikitnya 55 ribu siswa dari 70 negara telah berpartisipasi dalam program ACCESS. Di Indonesia, program ini merupakan yang terbesar di Asia dan setiap tahunnya melatih ratusan siswa dari keluarga kurang mampu di beberapa daerah di Indonesia, seperti Jakarta, Madura, Banjarmasin, Ende, Kupang, Lombok, Bengkulu, dan Jayapura.

"Setiap tahunnya diberikan kepada 300 anak. Mereka juga diajarkan pengetahuan tentang wawasan budaya sebagai persiapan ketika mendapatkan beasiswa ke AS," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com