Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rooney Jadikan MU Raja Premier League

Kompas.com - 14/05/2011, 20:26 WIB

BLACKBURN, KOMPAS.com — Penyerang Manchester United (MU), Wayne Rooney, mencetak gol yang membawa timnya mendulang hasil seri 1-1 dari Blackburn Rovers di Ewood Park, Sabtu (14/5/2011). Dengan hasil itu, gelar juara Premier League musim ini resmi menjadi milik "Setan Merah".

Bermain sebagai tamu, MU nyaris unggul melalui tandukan Nani pada menit keempat. Namun, bola hasil umpan Wayne Rooney itu hanya membentur mistar gawang.

Nani kemudian menjajal keberuntungannya dengan melepaskan sebuah tembakan jarak jauh pada menit kesembilan dengan memanfaatkan umpan Ryan Giggs. Kali ini, bola meleset ke sisi kiri gawang tuan rumah.

Ancaman beruntun tim tamu direspons oleh Blackburn dengan menambah daya serang. Sempat terlibat perebutan bola, mereka berhasil menciptakan peluang pertama melalui Chris Samba pada menit kesebelas. Namun, tembakannya dari tengah kotak penalti melesat ke atas gawang Tomasz Kuszczak.

MU belum menciptakan ancaman baru ketika Kuszczak terlambat mengantisipasi sebuah back-pass. Untung, sebelum kesalahan itu dimanfaatkan Jason Roberts, bek Nemanja Vidic membuang bola.

Belum genap semenit lepas dari bahaya itu, MU kecolongan gol tuan rumah yang dicetak oleh Brett Emerton. Dari tengah kotak penalti, ia menyambut umpan silang Martin Olsson dengan tendangan kaki kiri yang membuat bola bersarang di sudut kanan bawah gawang Kuszczak, yang merespons tembakan itu dengan menjatuhkan diri ke arah tiang kiri gawang.

Setelahnya, kedua kubu beberapa kali bertukar serangan, tetapi tak ada peluang berarti diciptakan, sampai pada menit ke-35 Javier "Chicharito" Hernandez menembakkan umpan Ryan Giggs dari tengah kotak penalti ke sudut kanan bawah gawang tuan rumah, yang bisa diamankan oleh Paul Robinson.

Blackburn membalasnya dengan sebuah tembakan kaki kiri Martin Olsson pada menit ke-38, dengan memanfaatkan umpan Michel Salgado. Namun, bola melesat ke sisi kanan gawang MU.

Setelah itu, MU menciptakan dua peluang beruntun melalui Vidic, Rooney, dan Nani. Sementara eksekusi Nani diblok, tembakan Rooney dan Nani meleset dari sasaran.

Pada babak kedua, MU lebih dulu menciptakan peluang. Bukan satu, melainkan tiga  secara beruntun, yaitu melalui Michael Carrick  pada menit ke-49, Nani (59), dan Gigg (60). Namun, semua tembakan akurat itu dimentahkan oleh Robinson.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com