Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Minta RSBI Dievaluasi Total

Kompas.com - 30/05/2011, 18:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkait banyaknya keluhan terhadap Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) di Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo meminta agar diadakan evaluasi secara menyeluruh. Masalah biaya sekolah yang tinggi menjadi keluhan utama yang disampaikan oleh orang tua murid.

"Saya minta diadakan evaluasi secara menyeluruh. Nah, kami akan memberikan subsidi kepada semua sekolah dalam bentuk BOP, kemudian terbukalah peluang untuk mengutip, saya minta di-assest dulu," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, di Balai Kota, Jakarta, Senin (30/5/2011).

Lantaran SMA di Jakarta tidak masuk dalam 10 besar tingkat nasional dalam hasil Ujian Nasional (UN) tahun ini, evaluasi ini akan dilakukan. Tingkat kelulusan DKI Jakarta sendiri mencapai 99,52 persen yang berarti melebihi tingkat kelulusan nasional, yakni 99,22 persen.

"Ini yang kami minta perlu klarifikasi, tim ini akan bekerja sebulan paling lama untuk memberikan masukan," ujar Foke.

Menurutnya, tiap tahun harus ada lembaga yang melakukan assestment seperti lembaga akreditasi nasional atau lembaga seperti ISO. Keharusan memperbaiki dan mempertahankan standar akan membuat orang bekerja keras.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudhi Mulyanto mengatakan tidak masuknya DKI Jakarta dalam 10 besar tingkat nasional menunjukkan peningkatan upaya mutu dan kualitas pendidikan yang terus berlomba-lomba. Evaluasi RSBI di DKI Jakarta, khususnys untuk jenjang SMA/SMK, direncanakan selesai akhir Mei ini. Sementara untuk tingkat SMP dan SD, evaluasi ditargetkan selesai jika hasil UN sudah diumumkan.

Ia juga menambahkan, perlu ada kreasi dan inovasi dalam peningkatan mutu belajar di sekolah. Selain itu, kompetensi dan mutu guru juga perlu ditingkatkan.

Meski demikian, pemerintah pusat meminta agar RSBI tidak lagi ditambah. Untuk standarisasi RSBI, Kementerian Pendidikan yang akan melakukannya," ujarnya.

Adapun sebanyak 30 persen guru RSBI harus berijazah S-2. Selain itu, pembelajaran untuk mata pelajaran tertentu harus menggunakan dua bahasa. Saat ini, dari 117 SMA di DKI Jakarta, ada 10 sekolah RSBI. Di tingkat SMP, dari 287 sekolah sebanyak 11 di antaranya RSBI, sedangkan dari 2.208 SD, hanya 7 sekolah berstatus RSBI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com