Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15.369 Peserta Tersebar di Palembang

Kompas.com - 31/05/2011, 10:45 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2011 jalur ujian tertulis digelar serentak di seluruh Indonesia, Selasa (31/5/2011). Di Palembang, belasan ribu peserta mengikuti ujian tersebut di sejumlah lokasi di Kampus Universitas Sriwijaya (Unsri) lama di Bukit Besar, Palembang, Sumatera Selatan, termasuk para peserta dari luar kota dan luar daerah.

Pembantu Rektor I Universitas Sriwijaya, Prof Zulkifli Dahlan selaku Panitia SNMPTN di Unsri, menyebutkan sebanyak 15.369 peserta mendaftarkan diri untuk menjadi mahasiswa melalui kepanitiaan di Palembang. Panitia setempat menyiapkan sebanyak lebih dari 700 ruang ujian tulis yang tersebar pada 11 sektor menggunakan lokasi sekolah dan kampus.

Zulkifli mengatakan, belasan ribu calon mahasiswa itu harus mengikuti ujian tulis selama dua hari, yaitu hingga Rabu (1/6/2011), masing-masing untuk jurusan IPA dan IPS serta campuran (IPC). Tes tertulis SNMPTN pada hari pertama ini dimulai pukul 08.00 WIB tadi.

Penanggung Jawab Lokasi Tes di SMA Muhammadiyah 2 Palembang dan SD Muhammadiyah I Palembang, Tri Agus Susanto, mengatakan jumlah lokal yang digunakan pada dua lokasi itu sebanyak 32 buah. Setiap lokal berisi 20 orang peserta ujian.

"Tes di lokasi itu diawasi sebanyak 65 pengawas. Pengawas ujian semuanya hadir, kalau peserta belum diketahui persis jumlahnya karena belum ada laporan pengawas mengingat baru dimulai tes," ujar Tri. 

Tes pada dua lokasi itu, kata dia, untuk kelompok peserta campuran (IPC) saja. Di lokasi ujian tulis itu, tampak para peserta sibuk mengisi lembar jawaban komputer yang disediakan pengawas. Peserta yang mengikuti tes juga diawasi dua orang pengawas di dalam satu lokal.

Berdasarkan data terakhir peserta yang mendaftar SNMPTN di Palembang yang berpusat di Unsri itu sebanyak 15.369 orang. Selain lokasi itu, tes tertulis bagi peserta SNMPTN tersebut juga dilaksanakan di sejumlah fasilitas gedung dan ruangan Kampus Unsri Bukit Besar dan sejumlah sekolah serta kampus PTS terdekat lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com